Bagikan sekarang

Tingginya tingkat kehadiran negara peserta, negara peninjau dan Organisasi Internasional dalam Bali Democracy Forum ke VIII menunjukan komitmen kuat akan pentingnya proses bertukar pikiran dan berbagi pengalaman terbaik mengenai nilai nilai demokrasi, demikian disampaikan Menlu RI, Retno Marsudi pada pernyataan pers seusai pembukaan Bali Democracy Forum VIII di BNDCC, Nusa Dua, Bali (10/12). BDF VIII diikuti oleh 204 peserta yang berasal dari 89 negara dan 3 Organisasi Internasional.

BDF VIII dilaksanakan dalam suasana spesial, pada saat Indonesia sedang merayakan pesta demokrasi Pilkada serentak di lebih dari 200 daerah di Indonesia yang berjalan lancar dan diikuti lebih dari 105 juta penduduk Indonesia

Sehari sebelumnya peserta Bali Civil Society and Media Forum juga berkesempatan menyaksikan langsung Pilkada tersebut melalui kegiatan Election Visit Program, salah satu program dari Institute of Peace and Democracy (IPD) sebuah lembaga pelaksana (implementing agency) hasil BDF.

Menlu Retno juga menekankan manfaat dan penerapan program BDF melalui IPD yang relevan dengan situasi dunia saat ini melalui berbagai seminar dan program capacity building. Setiap kegiatan IPD disesuaikan dengan kebutuhan dari negara sahabat dan pada tahun 2015, IPD telah menjalankan 13 program turunan dari BDF yang melibatkan peserta dari Mesir, Fiji, Myanmar, Tunisia, Libya, Palestina, Kamboja, Laos dan Vietnam

Menlu RI juga menekankan bahwa demokrasi adalah suatu proses yang berjalan terus-menerus. Hal ini menjadi dasar pemikiran BDF untuk menjadi ruang diskusi yang nyaman tanpa menghakimi, di mana delegasi bisa berbagi cerita dan best practices; berbagi permasalahan bersama yang dihadapi dan mencari solusi kreatif.

BDF adalah forum antar pemerintah yang diinisiasi Indonesia sejak 2007 dan merupakan salah satu program prioritas Kementerian luar negeri Indonesia. BDF adalah bukti nyata keaktifan Indonesia di kancah politik internasional.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *