Bagikan sekarang

Sebagai upaya memberikan perlindungan hukum kepada para pekerja musik Indonesia, Lembaga Bantuan Hukum Kongres Advokat Indonesia Advokasi Peduli Bangsa (LBH KAI APB) melakukan penandatangan kerjasama atau memorandum of understanding (MoU) dengan Solidaritas Pekerja Musik Indonesia (SPMI). Acara dilakukan di Rasuna Office Park Jakarta, pada senin (18/1/2021).

Acara yang disaksikan langsung oleh Presiden KAI ISL Siti Jamaliah Lubis itu dilakukan oleh Direktur LBH KAI APB Riswanto Lasdin SH, MH, CLA dengan Ketua Umum SPMI Zuheri. Dari LBH KAI APB hadir Sekjen Rizky Dienda Putri beserta para jajarannya, sedangkan dari SPMI juga dihadiri oleh Sekjennya Kristina Handayani beserta para jajarannya.

“Kerjasama ini merupakan suatu kehormatan buat KAI, kita diminta memberikan bantuan maupun konsultasi hukum terhadap para pekerja musik Indonesia, bila ada masalah-masalah hukum yang menimpa pekerja musik, silahkan konsultasikan dengan LBH KAI APB,” kata Kak Mia, demikian Siti Jamaliah Lubis akrab disapa, saat memberikan sambutan.

Ketua Umum SPMI Zuheri mengungkapkan, banyak masalah hukum yang menimpa para pekerja musik Indonesia. Ia mencontohkan, pekerja musik sudah bekerja namun tidak mendapatkan hak dari hasil ia pentas.

SPMI yang ada di 23 propinsi di Indonesia ini memiliki 3.000 anggota artis kafe dan berdiri saat terjadinya pandemi covid-19 setahun lalu. Hikmah adanya covid inilah para pekerja musik memikirkan membuat sebuah organisasi yang akan melindungi mereka.

“Organisasi ini terbentuk justru dari daerah terlebih dahulu, baru kemudian mereka meminta dibentuk DPP sebagai pimpinannya di Jakarta,” papar Zuheri.

Direktur LBH KAI APB Riswanto Lasdin berharap, LBH dapat memberikan konsultasi maupun bantuan hukum kepada para pekerja musik dalam hal kontrak, penagihan maupun masalah-masalah hukum lainnya.

“Setelah MoU ini ditandatangani mari kita saling menjaga kepercayaan ini, tidak ada lagi yang ditutup-tutupi dari SPMI kepada LBH, karena kami disini sebagai advokatnya SPMI. Ini supaya langkah hukum yang akan kami ambil tepat,” papar Riswanto.

Sementara Sekjen LBH KAI APB Rizky Dienda Putri menambahkan, LBH ini juga baru berumur sekitar setahun. “LBH KAI APB ada di beberapa kabupaten kota di propinsi Indonesia, sehingga dapat membantu para anggota SPMI yang ada di daerah tersebut,” tutur Dienda.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *