Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB KUMKM)
Bagikan sekarang

Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB KUMKM) akan berperan aktif terhadap koperasi dan UKM yang terkena dampak Covid-19 atau virus corona. Peran itu dilakukan dengan cara merestrukturisasi terhadap koperasi dan UKM yang menjadi mitra LPDB KUMKM.

“Sudah ada SK dari Menteri Koperasi dan UKM terkait restrukturisasi, karena dengan covid-19 ini para pelaku UMKM terkena dampak semua. Dampak ini sangat luas sekali, beda dengan krisis yang terjadi tahun sebelumnya,” kata Direktur Utama LPDB KUMKM Supomo, kepada wartawan di Jakarta, Senin (27/4/2020) saat melakukan konferensi pers via Zoom Apps dengan tema “Relaksasi Kebijakan Penyaluran Pinjaman/Pembiayaan Dana Bergulir LPDB-KUMKM di tengah Pandemi Covid-19’.

Dampak Covid-19 ini imbuhnya, minim sekali aktivitas yang dapat dilakukan oleh para pelakuk UMKM. Ia mencontohkan, kalau krisis keuangan lainnya UMKM masih bisa melakukan semisal jualan di sekolahan, dengan kondisi saat ini, tempat jualan sangat terbatas, sekolahan diliburkan, apalagi di beberapa daerah sudah diberlakukan PSBB. “Di bulan ramadhan ini juga tidak boleh mudik, sehingga transportasi umum baik darat laut dan udara tidak bisa melakukan aktivitas,” jelas Supomo.

Restrukturisasi yang LPDB lakukan yaitu terhadap koperasi yang terkena dampak Covid-19 adalah koperasi yang kondisinya lancar. Namun jika sebelum ada isu covid-19 koperasi tersebut memang sudah tidak sehat maka tidak akan dilakukan restrukturisasi. Restrukturisasi itu dilakukan dalam bentuk penundaan pembayaran, pengurangan cicilan maupun pengurangan bunganya.

Restrukturisasi itu imbuh Supomo dilakukan terhadap sekitar 10 hingga 15% koperasi mitra LPDB. Sampai saat ini yang mengajukan sudah hampir 50% dari jumlah mitra LPDB. Yang pertama kali mengajukan restrukturisasi adalah koperasi yang ada di Bali, karena yang pertama kali terdampak pariwisatanya. “LPDB sudah siap membantu relaksasi dalam restrukturisasi, kita sudah menghubungi dan sekarang sedang dalam proses,” pungkasnya.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *