1.000 PAKET SUPERQURBAN UNTUK WARGA PULAU BETOK, PONTIANAK

Rumah Zakat mendistribusikan 1.000 paket Superqurban di salah satu pulau terpencil di Kalimantan Barat pada Kamis (26/4). Lokasi penyaluran Superqurban tepatnya berada di Pulau Betok, Desa Betok Jaya, Kecamatan Kepulauan, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat. 

Untuk mencapai lokasi, tim Ekspedisi Superqurban yang berjumlah 9 orang harus menempuh perjalanan selama enam hari. Waktu normal untuk mencapai Pulau Betok, biasanya hanya memerlukan waktu empat hari, namun karena kondisi cuaca yang tidak baik, menambah lamanya perjalanan menuju Pulau Betok.

“Kami harus menempuh waktu perjalanan selama enam hari, padahal target awalnya hanya empat hari. Di tengah perjalanan kami diterpa hujan, gelombang dan angin di tengah laut, sehingga menambah waktu dua hari agar bisa sampai di Pulau Betok,” ujar Asrul, salah satu tim Ekspedisi Superqurban.

Selain mendistribusikan 1.000 paket Superqurban, Rumah Zakat pun menyalurkan paket sembako, menggelar pelayanan kesehatan, dan khitanan gratis bagi anak-anak di Pulau Betok. Warga di Desa Betok berjumlah 270 KK yang sebagian besarnya berprofesi sebagai nelayan dan pelaut.

“Kami sangat senang dengan kedatangan tim dari Rumah Zakat, sebelumnya di desa kami belum pernah ada yang melakukan kegiatan seperti ini, memberikan bantuan berbentuk sembako dan paket sapi maupun kambing. Mayoritas warga di sini jarang mengkonsumsi daging, tiap hari makannya hanya dengan ikan dan telur, karena akses untuk ke kota sangat jauh,” ujar Hasan selaku Kepala Desa Betok Jaya.