20 Relawan Rumah Zakat Bantu Evakuasi Korban Kebakaran di Batam 

Rumah Zakat Action mendirikan Pos Segar dan menugaskan 20 relawan untuk membantu proses evakuasi kebakaran yang terjadi di Kota Batam pada Sabtu (22/6). Lokasi kebakaran tepatnya berada di Ruli Baloi Persero, Kel. Baloi Indah, Kec. Lubuk Baja, Kota Batam. 

“Saya sedang piket di Kantor Lurah, sekitar jam 01.00 WIB saya melihat api dan asap tebal dari kejauhan. Tidak lama kemudian, anak sayapun langsung memberikan kabar bahwa telah terjadi kebakaran di dekat rumah saya,” kata Sahrin, salah satu warga.

Kebakaran bermula dari salah satu rumah warga yang diduga karena terjadi arus pendek listrik. Puluhan rumah warga terbakar, 39 rumah rusak berat, dan dua rumah lainnya rusak ringan.

“Di lokasi ini terdapat sekitar 43 KK dengan jumlah sekitar 188 jiwa. Untuk meringankan duka para korban, kamipun mendirikan Pos Segar dan menyalurkan sembako untuk para korban,”  kata Sujasman, Koordinator Lapangan Relawan Rumah Zakat Action.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun saat ini warga membutuhkan obat-obatan, makanan siap saji, perlengkapan balita, peralatan sholat, dan hygienie kit. Selain itu juga para korban membutuhkan selimut dan terpal untuk di lokasi pengungsian.