Advokat Indra Sahnun Lubis Tutup Usia Sepulang Berobat dari Penang

indrasahnunlubis

Advokat senior H Indra Sahnun Lubis SH telah tutup usia di usia 66 tahun. Pria kelahiran Kisaran, Sumatera Utara pada 16 Oktober 1951 ini meninggal dunia pada pukul 15.47 wib, jumat (10/11/2017) di bandara Soekarno Hatta Jakarta sepulangnya dari berobat di Penang, Malaysia.

“Iya betul Papa sudah meninggalkan kami untuk selama-lamanya, tadi pas di bandara Cengkareng, duduk di kursi roda tiba-tiba pingsan dan dibawa ke klinik bandara, dokter menyatakan Papah sudah meninggal,” kata salah satu putrinya yang mendampingi selama berobat di Penang, Sarah Lubis, melalui telephone selulernya kepada Mediasi Online, pukul 16.12 wib.

Indra Sahnun memang sudah lama mengalami komplikasi penyakit. Dan terakhir berobat di Penang untuk menjalani operasi jantung. Selama di Penang, istri Susanti Agustina beserta para anak dan kerabat Indra Sahnun Lubis datang silih berganti menunggunya.

“Tentu kami keluarga besar Bapak Indra Sahnun Lubis merasa sangat kehilangan, beliau sosok panutan kami dan guru kami. Kami berdoa semoga Papah meninggal dalam keadaan khusnul khotimah dan mohon dimaafkan kesalahan-kesalahan Papah selama ini,” kata salah satu putranya Berry Rozano kepada Mediasi Online.

Para kerabat dan tokoh-tokoh advokat serta publik figur pun terlihat datang silih berganti ke rumah duka di jl Keuangan Raya 48, bilangan Fatmawati Jakarta Selatan. Terlihat ada Egi Sujana, Apolos Djarabonga, Petrus Balapattiyona, Herman Kadir, Abd Rahim Hasibuan, Tomy Sihotang, Sutiyoso (Bang Yos), Partahi Sihombing, Nia Daniati, Machicha, Edies Adelia, Zarima dan lain-lain.

Salah satu satu rekan advokat, Egi Sudjana mengatakan, KAI sangat kehilangan advokat panutan. “Beliau sangat berjasa melahirkan dan membesarkan KAI hingga kini berkembang dan mempunyai puluhan ribu anggota di seluruh Indonesia,” papar Egi.

Sementara di mata wartawan yang selalu meliput kegiatan baik KAI maupun IPHI, Hakim, menilai Indra Sahnun Lubis merupakan sosok yang bukan saja panutan para advokat juniornya, tapi juga panutan dalam kehidupan sehari-hari. “Saya sudah lama berteman dengan Bang Indra, beliau selalu melarang apabila ada orang yang mengajak bicara padanya tapi bicara keburukan orang lain, dan itu Bang Indra sampaikan berkali-kali,” kenang Hakim.

Indra Sahnun Lubis tercatat dua periode sejak 2008 hingga kini memimpin Kongres Advokat Indonesia (KAI) dan sudah 19 tahun memimpin Ikatan Penasihat Hukum Indonesia (IPHI) hingga kini.

Indra Sahnun akan di shalatkan di masjid Nurul Hidayah, kawasan Brawijaya, sabtu, setelah shalat dhuhur dan dimakamkan setelahnya di pemakaman umum Tanah Kusir, Jakarta Selatan.