AIR SUNGAI BULUAH MELUAP, RUMAH ZAKAT LAKUKAN AKSI PEDULI BENCANA

Curah hujan yang tinggi mengakibatkan air sungai meluap dan mengakibatkan banjir di daerah Jorong Sungai Buluah, Nagari Cingkariang, Kec. Banuhampu, Kab. Agam, Sumatera Barat. Menanggapi kejadian tersebut, Rumah Zakat melakukan Aksi Peduli Bencana dengan menugaskan tim relawan dan menyalurkan sejumlah bantuan pada Senin (24/9). 

Adapun bantuan yang disalurkan berupa 110 kg beras, 110 liter minyak goreng, 110 bungkus biskuit, 55 kg gula, dan 55 kotak teh celup. Bantuan sembako tersebut dikemas menjadi 55 paket.

Bekerjasama dengan TNI, Depsos, dan Polri, Rumah Zakat melakukan rapat koordinasi untuk melakukan Giat Aksi Bersih di sepanjang aliran sungai. Namun, dikarenakan cuaca buruk, kegiatan tersebut ditunda keesokan harinya, Selasa (25/9).

Selain melakukan assessment dan menyalurkan bantuan, Rumah Zakat juga mendirikan posko hangat untuk para petugas dan warga. Selain itu juga menyalurkan bantuan berupa paket higienis kids dan peralatan dapur bagi empat KK yang mengalami kondisi parah.

“Alhamdulillah bantuan 55 paket sembako sudah disalurkan kepada warga yang terdampak banjir. Bantuan tersebut diserahkan kepada camat Banuhampu untuk diserahkan kepada 55 KK yang terdampak,” ujar Relawan Rumah Zakat.