Anak-anak Binaan Rumah Zakat Kampanyekan Bahaya Rokok 

Anak-anak binaan Rumah Zakat mengkampanyekan bahaya rokok di acara Minggon Jatinan di Hutan Kota Rajawali, Batang, Jawa Tengah pada Minggu (21/7).  Kegiatan tersebut bertujuan untuk menyampaikan aspirasi anak-anak yang tidak ingin menjadi korban para perokok aktif. 

“Saat ini tidak sedikit anak-anak yang menjadi korban akibat terpapar asap rokok dari orang tua ataupun keluarganya. Maka dari itu kegiatan kampanye seperti ini diharapkan bisa menyadarkan para perokok aktif untuk berhenti, atau setidaknya tidak merokok di sembarangan tempat yang bisa merugikan orang lain,” kata Bachtiyar Rivai, Relawan Rumah Zakat.

Bachtiyar menambahkan, dengan terbebasnya dari paparan asap rokok ia optimis tidak akan ada lagi anak-anak yang menjadi korban karena dampak negatif dari asap rokok. Menurutnya, dengan banyaknya masyarakat yang merokok di area umum, hal tersebut telah merampas hak anak-anak untuk mendapatkan udara yang sehat.

Selain mengkampanyekan bahaya merokok, anak-anak Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Oemah Ceria ini juga belajar bertransaksi menggunakan alat tukar kreweng. Kreweng adalah alat tukar tradisional yang terbuat dari tanah liat.

“Saya sangat senang bisa mengikuti kegiatan ini. Banyak orang baru yang saya temui, banyak juga pelajaran dan pengalaman baru yang saya dapatkan setelah mengikuti kegiatan ini,” ungkap Fatih, salah satu peserta.