Antisipasi Bencana, Rumah Zakat Gelar Pelatihan Kesiapsiagaan Bencana

Untuk mengantisipasi bencana, Rumah Zakat menggelar pelatihan Gladi Lapang Kesiapsiagaan Bencana di Lapangan Klepu, Desa Sirnoboyo, Kabupaten Gresik, Jawa Timur pada Sabtu (19/10). Lokasi tersebut dipililh karena termasuk wilayah zona merah yang berpotensi tsunami. 

“Kegiatan ini juga termasuk program desa berdaya dalam mewujudkan desa tangguh bencana. Pelatihan ini diikuti oleh 50 orang dan melibatkan berbagai pihak, diantaranya pemerintah desa Sirnoboyo, BPBD, Dinas Sosial, Tagana, dan RSUD dr Darsono Pacitan,” kata Fasilitator Desa Berdaya Rumah Zakat.

Materi pertama disampaikan oleh Pujono dari BPBD Pacitan yang membahas mengenai tindakan pertama untuk menyelamatkan diri dan orang lain dari bencana. Selain itu juga membahas manajemen pengelolaan posko pegungsi yang dilanjutkan dengan simulasi pasang bongkar tenda pengungsi.

Sedangkan materi kedua mengenai teknik penanganan korban yang diberikan oleh dr. Netty Numaningtyas selaku Kepala Ruang UGD Specialis Emergency. “Pertolongan pertama merupakan hal yang dibutuhkan saat terjadi bencana dan pelaku pertamanya adalah warga, bukan SAR, bukan pula tim medis, namun harus memastikan diri selamat terlebih dahulu sebelum menolong yang lainya,” ujar dr. Netty.

Pelatihan kesiapsiagaan bencana diakhiri dengan materi dari Dinas Sosial dan Tagana mengenai dapur umum. Pengetahuan mengenai pengelolan dapur umum sangat diperlukan, mulai dari kebersihan, gizi, dan teknik penyajian makanan.