BINUS UNIVERSITY menjadi Tuan Rumah Perlombaan Pemrograman Komputer Tingkat Dunia

Di era teknologi maju sekarang ini, kita sebagai masyarakat dapat langsung merasakan dampaknya dalam kehidupan sehari-hari kita. Semua negara berlomba-lomba untuk mampu mengikuti setiap aspek perkembangan dunia,  termasuk dalam perkembangan teknologi.  Dalam kompetisinya untuk menjadi negara maju,  Indonesia tergolong Negara yang aktif berkarya melalui teknologi dan tidak lupa mengedukasi generasinya di bidang teknologi.

Banyak pula generasi muda bangsa kita yang saat ini sedang berlomba-lomba memunculkan konsep dan penemuan teknologi canggih yang diharapkan dapat menjadi media untuk mengharumkan nama bangsa Indonesia di mata internasional.  Semua ini tidak mungkin dapat terwujud tanpa adanya  edukasi yang berkompetensi dalam bidang Computer Science dan Teknologi di Indonesia.

Dalam kontribusinya membina nusantara dan memberikan international experience di lingkungan belajarnya dan juga sebagai timbal balik atas kepercayaan dari ACM ICPCheadquarter, tahun ini kembali lagi BINUS UNIVERSITY didaulat menjadi Host ACM-ICPC Asia-Jakarta Regional Contest.

Acara ini dilangsungkan pada hari Sabtu, 11 November 2017 sampai dengan Senin, 13 November 2017 di BINUS UNIVERSITY.

Setiap tahun ACM (Association for Computing Machinery) menyelenggarakan ICPC (International Collegiate Programming Contest). ICPC adalah perlombaan pemrograman komputer tingkat dunia.

BINUS UNIVERSITY telah aktif mengikuti event ini sejak tahun 1996 dan pertama kali masuk ke final dunia pada tahun 1997. Pada tahun 2014, BINUS UNIVERSITY berhasil masuk World Final ACM ICPC di Ekaterinburg Russia dan menduduki rank 99. Pada tahun 2017 ini, Team BINUS UNIVERSITY menduduki rank 56 pada World Final yang diadakan di Rapid City, South Dakota, US, dan pada perlombaan finalnya BINUS UNIVERSITY berhasil meraih peringkat ke 11 dari 134 peserta yang berasal dari 6 Negara.

Suatu kebanggaan bagi BINUS UNIVERSITY dapat terpilih sebagai tuan rumah dan dan dapat meraih peringkat ke 11 dalam ajang International Collegiate Programming Contest ini. Ibu Yen Lina selaku Regional Contest Director of ICM ICPC yang juga selaku Deputy Head of School-Academic&Operation, School of Computer Science,BINUS UNIVERSITY  berharap dengan adanya pretasi yang diraih oleh BINUS UNIVERSITY, Indonesia bisa mendapatkan nama di tingkat international sebagai salah satu Negara yang memiliki bibit-bibit unggul dalam bidang pemrograman.

Sekilas tentang BINUS UNIVERSITY

BINUS UNIVERSITY merupakan perguruan tinggi terkemuka berakreditasi A di Indonesia yang berpengalaman lebih dari 36 tahun membina nusantara melalui pendidikan. BINUS UNIVERSITY ditargetkan menjadi world-class university pada tahun 2020.

Dengan komitmen 2 dari 3 lulusan BINUS UNIVERSITY bekerja di perusahaan global atau menjadi entrepreneur, BINUS UNIVERSITY tidak hanya membekali mahasiswa dengan pengalaman belajar di kampus, namun mahasiswa juga diberikan pengalaman langsung di dunia industri. Melalui program 3+1, mahasiswa berkesempatan untuk bertemu dan belajar langsung dengan para pelaku industri. Dengan konsep belajar selama tiga tahun di kampus dan 1 tahun belajar di luar kampus, mahasiswa dapat memilih salah satu dari lima program yang ada : internship, community development, research, start-up business, atau twinning program (kuliah di luar negeri).