Dikunjungi lebih dari 1600 Masyarakat Hongaria, Indonesian Days and Charity Bazaar bukukan senilai USD 20.000

KBRI dan ITPC Budapest kembali adakan Indonesian Days and Charity Bazaar (IDCB) ke-lima tahun 2017. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 6-7 Mei 2017 ini berhasil menarik lebih dari 1600 masyarakat Hongaria dan melalui perhitungan kotor berhasil membukukan lebih dari 1200 transaksi senilai USD 20.000,-.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, IDCB mengundang pengusaha kecil dan menengah dari Indonesia untuk memasarkan produknya di Hongaria. Selain itu IDCB juga mengajak importir produk-produk Indonesia yang ada di Hongaria untuk memasarkan produknya secara cuma-cuma. Tercatat IDCB 2017 diikuti oleh 5 UKM asal Indonesia dan 4 Pengusaha asal Hongaria.

Dalam sambutannya, Kepala ITPC Budapest, Hikmat Rijadi menyampaikan bahwa kegiatan IDCB ini adalah kegiatan promosi terpadu dalam rangka lebih memperkenalkan dan mendekatkan produk Indonesia kepada Masyarakat Hongaria yang memiliki minat yang tinggi akan produk Indonesia yang bernilai seni. Pada IDCB 2017, selain ukiran dengan nilai seni tinggi IDCB juga menyediakan produk produk unggulan seperti Kopi, Teh, Produk kelapa dan turunannya serta bumbu-bumbu khas Indonesia.

Acara yang dilaksanakan di KBRI Budapest ini kental dengan suasana Indonesia dengan dipasangnya kain poleng pada pohon-pohon KBRI dan para panitia IDBC yang berpenampilan khas Bali. Sebelum acara, panitia juga melaksanakan kirab budaya di jalan sekitar KBRI untuk menarik perhatian pengunjung. KUAI KBRI Budapest, Abas Basori dalam sambutannya mengajak masyarakat Hongaria untuk lebih mengenal Indonesia dari Budaya dan keseniannya, salah satunya dengan mengikuti workshop pembuatan batik yang disediakan oleh KBRI Budapest dalam IDCB dan menarikan Gemu Famire bersama sama.

Selain itu, IDCB juga dimeriahkan dengan hadirnya kuliner khas Indonesia yang penyediaannya dimotori oleh WNI di Budapest. Dalam dua hari pelaksanaan IDCB masyarakat Hongaria menikmati kuliner khas Indonesia seperti sate ayam, gudeg Yogya, Nasi Bakar, klapertaart durian, coto makassar serta jajanan jajanan lainnya. Pengunjung IDCB 2017 menyampaikan dukungannya apabila Indonesia membuka restauran khas makanan Indonesia di Hongaria.

IDCB 2017 secara keseluruhan meninggalkan kesan yang mendalam bagi masyarakat Hongaria, karena selain menikmati kesenian, makanan dan dapat berbelanja produk khas Indonesia, mereka juga beramal karena 10 persen dari hasil penjualan barang dan produk Indonesia di IDBC disumbangkan untuk panti jompo di Kota Abasar- Hongaria.  Untuk menarik minat masyarakat lebih banyak berbelanja, KBRI dan ITPC menyediakan doorprize menarik berisi produk-produk Indonesia da sepeda gunung.

Acara yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari di KBRI Budapest, akan dilanjutkan kembali di Vasarcsarnok pada 9-11 Mei 2017.  Selain masyarakat umum Hongaria, acara IDCB juga dihadiri oleh kalangan diplomatik negara-negara sahabat seperti Dubes Thailand, Dubes Lithuania, Dubes Palestina dan istri dari Duta Besar Arab Saudi.

Filed in: Nasional

You might like:

Panglima TNI Tinjau Geladi Bersih Upacara Prasetya Perwira TNI-Polri    Panglima TNI Tinjau Geladi Bersih Upacara Prasetya Perwira TNI-Polri  
Menkop UKM Dorong Terus UMKM Naik Kelas Menkop UKM Dorong Terus UMKM Naik Kelas
Kemenkop Sosialisasi Program PLUT KUMKM di Sumbar Kemenkop Sosialisasi Program PLUT KUMKM di Sumbar
Satukan Barisan, IPHI DKI Jakarta Akan Gelar Rekonsiliasi Satukan Barisan, IPHI DKI Jakarta Akan Gelar Rekonsiliasi
© 2017 Mediasi Online | media informasi pemersatu. All rights reserved. XHTML / CSS Valid.