Ekspedisi NKRI bersama Masyarakat  Nonton Bareng Film G 30 S/PKI di Papua Selatan

Tim Ekspedisi NKRI bersama masyarakat menyaksikan pemutaran film G 30 S/PKI di Aula Poskotis Ekspedisi NKRI Subkorwil-1/Asmat, Agats Kab Asmat pada Jumat,(29/9).

Acara pemutaran film diawali dengan kata sambutan dari Komandan Rayon Militer 1707-08/Agats Kapten Inf Hermanus Kopong yang menyampaikan tujuan dilaksanakannya pemutaran film sejarah bangsa ini untuk mengingatkan kepada seluruh anak bangsa dan generasi muda, agar peristiwa yang sama tidak terulang kembali.

Nonton bareng film Penumpasan Pengkhianatan G-30S/PKI dinilai penting untuk pembelajaran bagi masyarakat dan generasi muda bangsa bahwa Indonesia pernah mengalami sejarah yang kelam.

Pemutaran Film G 30 S/PKI dalam rangka menyebarluaskan fakta-fakta nilai sejarah bagi seluruh anak bangsa, khususnya generasi muda Indonesia serta memberikan gambaran agar peristiwa yang pahit dan hitam tersebut tidak terjadi lagi.

Komandan Subkorwil-1/Asmat Mayor Inf Febi Adrianto menyampaikan, bahwa Pancasila adalah pemersatu bangsa, Pancasila sebagai ideologi Negara yang  mempersatukan masyarakat.

Oleh karena itu, Dansubkorwil mengimbau kepada masyarakat untuk menjadikan Pancasila sebagai pandangan hidup untuk mempersatukan seluruh Bangsa Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Kepala Kampung Suru Agats Felix Owom menyampaikan, masyarakat datang bersama sama menuju Poskotis Ekspedisi NKRI dengan berjalan kaki selama 1 jam untuk menyaksikan acara nonton bersama.

Diharapkan setelah pemutaran Film akan semakin memupuk rasa nasionalisme dengan mewujudkan rasa persaudaran, semakin meningkatkan kerjasasama seluruh komponen bangsa, masyarakat di Kabupaten Agats bersama kepala kampung beserta tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat.

Ekspedisi NKRI merupakan wujud sinergitas kementerian/lembaga, TNI/Polri, pemerintah daerah, kalangan pendidik dari perguruan tinggi, mahasiswa, para pencinta alam, organisasi kepemudaan, pramuka dan didukung masyarakat setempat yang dikoordinasikan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan untuk membangun Indonesia.

Keikutsertaan berbagai komponen masyarakat, khususnya generasi muda dalam kegiatan Ekspedisi, diharapkan mampu menumbuhkan kesadaran bela negara, wawasan kebangsaan, serta rasa persatuan seluruh komponen Bangsa, mewujudkan Kemanunggalan TNI dengan Rakyat serta menumbuhkan kesadaran untuk menjaga kelestarian alam.

Acara pemutaran Film dihadiri Kepala Kampung Agats, aparat wilayah setempat, pelajar dan warga masyarakat sekitar.