EKSPEDISI SUPERQURBAN, RUMAH ZAKAT SALURKAN 400 KORNET DI KAMPUNG KUNDUR

Rumah Zakat melakukan Ekspedisi Superqurban di Kampung Kusta/Kundur, Kelurahan Mariana, Kecamatan Banyuasin 1, Kabupatan Banyuasin, Sumatera Selatan. Sebanyak 20 relawan diturunkan untuk menyalurkan 78 paket sembako dan 400 kaleng kornet dan rendang Superqurban pada Rabu, (31/1). 

Selain membagikan sembako, kornet, dan bingkisan untuk pasien, relawan Rumah Zakat juga mengadakan perlombaan memasak nasi goreng dengan menggunakan kreasi dari Kornet Superqurban. Kegiatan Ekspedisi Superqurban tersebut merupakan salah satu program untuk memperingati Hari Kusta Sedunia yang jatuh pada bulan Januari.

Basri, salah satu warga Kampung Kundur mengaku sangat terbantu dengan adanya bantuan yang diberikan. “Alhamdulillah, terima kasih atas bantuannya. Sembako ini bisa kami gunakan untuk keperluan empat hari ke depan,” ungkapnya penuh kegembiraan.

“Kehadiran Rumah Zakat di Kampung Kundur/Kusta ini adalah salah satu bentuk kepedulian kita kepada pasien dan orang yang telah sembuh dari penyakit kusta. Secara sosial mereka terasingkan, kita hadir untuk memberikan semangat dan kebahagiaan bagi mereka. Kami juga mengedukasi masyarakat bahwa para penderita kusta harus diperlakukan sama dengan masyarakat pada umumnya,” tutur Hadi Yudasta, Branch Manager Rumah Zakat.

Kampung Kundur atau yang sering disebut Kampung Kusta merupakan perkampungan yang dihuni oleh mayoritas pasien kusta yang sudah sembuh. Meskipun sudah sembuh dari penyakitnya, pada umumnya masyarakat masih takut dan enggan untuk berinteraksi dengan mereka.

Almuzani selaku Lurah Mariana mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan kepada warganya. “Saya mewakili warga mengucapkan terima kasih kepada Rumah Zakat yang telah melakukan kegiatan sosial di kampung kami. Di Kelurahan Mariana ini terdapat 31 RT, di RT 13 dan 14 ini mayoritasnya pernah menderita penyakit kusta, terdiri dari 90 KK yang meliputi 70 penderita kusta, tapi sekarang alhamdulillah mereka sudah sembuh,” jelas Almuzani.