Finalis dari DI Yogyakarta dan Banten Raih Gelar Putera-Puteri Maritim Indonesia 2017

Setelah proses yang cukup panjang, ajang Pemilihan Putera-Puteri Maritim Indonesia (PPMI) 2017   telah melewati Malam Grand Final PPMI 2017 dan telah mengumumkan pemilik gelar terbaru Putera dan Puteri Maritim Indonesia 2017.

Mereka adalah Kevin Cahaya Nugraha dari D.I.Y sebagai Putera Maritim Indonesia 2017 dan Maria Dominika Ivana S. dari Banten sebagai Puteri Maritim Indonesia 2017. Putera dan Puteri Maritim Indonesia terpilih ini mendapatkan hadiah utama berupa Mahkota dan Piala Bergilir.

Selain pengumuman pemenang utama, pada Malam Grand Final PPMI 2017 yang  diadakan di Ksatrian Bhumi Marinir Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis malam (30/11/2017) juga mengumumkan daftar lengkap pemenang ajang pemilihan Putera dan Puteri Maritim Indonesia 2017, yaitu:

- PUTERA MARITIM INDONESIA 2017
  Kevin Cahya Nugraha (DIY)
- PUTERI MARITIM INDONESIA 2017
  Maria Dominika Ivana S. (Banten)
- RUNNER UP I PUTERA MARITIM INDONESIA 2017
  R. Firdaus Gultom (Sumbar)
- RUNNER UP I PUTERI MARITIM INDONESIA 2017
  Candraning (Banten)
- RUNNER UP II PUTERA MARITIM INDONESIA 2017
  Hervin A. R. N. (Sumsel)
- RUNNER UP II PUTERI MARITIM INDONESIA 2017
  Cherissa Wahyu Pramais (Jawa Timur)
- PUTERA MARITIM INDONESIA LINGKUNGAN 2017
  Irawan Sidik (Jawa Barat)
- PUTERI MARITIM INDONESIA LINGKUNGAN 2017
  Shonia S. Rosaline (Jawa Tengah)
- PUTERA MARITIM INDONESIA PARIWISATA 2017
  Deppa Inggi (Sulawesi Barat)
- PUTERI MARITIM INDONESIA PARIWISATA 2017
  Yurisa Elda (Jawa Timur)
- PUTERA MARITIM INDONESIA FAVORIT 2017
  M. Yaffi Shihab (Aceh)
- PUTERI MARITIM INDONESIA FAVORIT 2017
  Mahjati Zatil Ilmi (Sulawesi Selata

Selain mendapatkan hadiah utama yakni Mahkota dan Piala Bergilir untuk Putera dan Puteri Maritim Indonesia terpilih, juga ada hadiah ratusan juta rupiah untuk pemenang utama dan  pemenang kategori Putera-Puteri Maritim Indonesia  2017. Sementara Duta Maritim Indonesia tingkat provinsi akan mendapatkan sertifikat serta selempang Duta Maritim Indonesia 2017.

Setelah Grand Final PPMI 2017 yang digelar tadi malam, kegiatan selanjutnya adalah Pemberian Piala Bergilir Putera-Puteri Maritim Indonesia yang akan diadakan di acara “Sail Sabang 2017″ di Pulau Weh, Aceh,  pada 02 Desember 2017 yang mana akan dilakukan penyerahan piala oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Pemilihan Putera-Puteri Maritim Indonesia (PPMI), bermaksud meningkatkan peran serta generasi muda, yang diharapkan dapat melanjutkan perjuangan Bangsa Indonesia dalam mengembalikan kejayaan Maritim Indonesia. Mengacu pada hal tersebut, Yayasan Putera-Puteri Maritim Indonesia, dengan tema “Dengan Berwawasan Budaya Indonesia, Putera-Puteri Maritim Indonesia Siap Mewujudkan Eksistensi NKRI Sebagai Negara Maritim”

Acara yang diselenggarakan oleh Yayasan Putera-Puteri Maritim Indonesia dari sejak proses pendaftaran yang dibuka mulai 17 Agustus 2017 sampai dengan 31 Oktober 2017 lalu telah diikuti oleh 34 provinsi di Indonesia yang mendaftar dan tercatat ada lebih dari 4.500 calon peserta yang mengunduh berkas syarat pendaftaran. Lalu angka tersebut mengerucut menjadi 172 peserta lulus administrasi . 135 peserta lulus wawancara secara online, dan terpilihlah 78 Finalis (36 Puteri dan 41 Putera) dari 23 Provinsi di Indonesia.

Seluruh  Finalis tersebut kemudian menjalani masa Diklat yang berlangsung dari tanggal 20 – 29 November 2017 di Bhumi Marinir Cilandak, Jakarta. Mereka telah mendapatkan berbagai macam materi dan kegiatan pelatihan. Seperti materi kemaritiman sampai pelatihan ala militer.  Inilah yang menjadi beda kegiatan Putera-Puteri Maritim Indonesia dengan kontes pemilihan Putera-Puteri lain yang ada di Indonesia.

Selama 10 hari, para finalis mendapatkan pendidikan dan pelatihan ala militer, diantaranya baris berbaris, menembak, renang dan juga tentunya mereka mendapatkan materi kemaritiman, pariwisata, komunikasi dan informasi, pengenalan divingpublic speaking, table manner, beauty class, catwalk, dan masih banyak lagi.  Selain itu, para finalis bersama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI juga melaksanakan program ‘Bersih-bersih Kali Ciliwung’ di Ecoriparian, Srengseng Sawah, Depok.