HUT Koperasi ke-71 2018 Diadakan di Bogor atau Jakarta

IMG-20180608-WA0013

Peringatan Hari Koperasi diperingati setiap tanggal 12 Juli. Untuk peringatan HUT koperasi ke-71 yang akan diperingati pada 12 Juli 2018 rencananya akan digelar di Bogor atau di Jakarta. Hal itu kesepakatan dari Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) dengan Kemenkop dan UKM.

“Hal ini juga sesuai dengan hasil Keputusan rapat pimpinan Paripurna Dekopin di Jakarta pada 17 Januari 2018 lalu, serta surat keputusan Dekopin tentang panitia nasional peringatan Hari Koperasi ke-71 2018 tingkat nasional yang antara lain menyatakan membentuk panitia nasional peringatan harkopnas ke-71 dengan acara Puncak bertempat di Bogor atau Jakarta,” kata Sekretaris Dekopin Nedi Refinaldi, kepada wartawan di Jakarta, Jumat (8/6/2018).

Tema yang diusung pada peringatan HUT Koperasi ke-71 kali ini adalah “Penguatan Koperasi Mendorong Ekonomi Nasional”. Sub temanya: Koperasi sebagai pilar kekuatan ekonomi nasional di era digital, Peran generasi muda koperasi menghadapi fenomena ekonomi milenial, koperasi menyemai dan merawat kewirausahaan dan membangun bisnis sosial melalui kewirausahaan.

“Di luar seremonial puncak acara yang diharapkan akan dihadiri Presiden Joko Widodo, Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga, Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid, serta sejumlah petinggi negara,” imbuh Nedi.

Acara juga dirangkai dengan kegiatan lainnya, antara lain: Harkopnas Expo di ICE BSD, pasar rakyat dan olahraga seperti jalan sehat yang dilaksanakan Dekopinwil seluruh Indonesia, bakti sosial oleh BKWK Dekopinwil seluruh Indonesia, ziarah ke makam Bapak Koperasi Bung Hatta dan renungan suci di tugu koperasi Tasikmalaya oleh Dekopinwil Jawa Barat.

Di luar itu juga ada pelaksanaan diskusi dan seminar koperasi nasional. Kemudian pemberian penghargaan kepada koperasi prestasi, serta penghargaan para tokoh yang dianggap telah berjasa membangun Koperasi dan UKM.

Sekedar diketahui,12 Juli ditetapkan sebagai Hari Koperasi Nasional itu dilatarbelakangi pelaksanaan Kongres koperasi pertama pada 12 – 14 Juli 1947 di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. Selanjutnya pada kongres koperasi ke- 2 tahun 1953 di kota Bandung. “Tanggal 12 Juli ditetapkan sebagai Hari Koperasi bersamaan dengan itu pula sang proklamator Bung Hatta yang waktu itu sebagai wakil presiden RI juga diberi gelar kehormatan oleh gerakan koperasi Indonesia (Dekopin) sebagai bapak koperasi,” pungkas Nedi.