KAPAL PINISI INDONESIA BERLAYAR DI TAMAN APEC, DA NANG, VIET NAM

Indonesia menyumbang patung Kapal Pinisi di Taman APEC di Da Nang, Viet Nam, yang diresmikan pada hari Kamis, 9 November 2017.

Turut hadir bersama para Menteri APEC, Wakil Menteri Luar RI, A.M. Fachir, menjelaskan bahwa kapal pinisi sengaja dipilih karena melambangkan kekhasan Indonesia sebagai negara maritim yang tangguh.

 “Secara filosofis kapal pinisi juga mencerminkan konektifitas dan pelayaran dinamis, sesuai dengan tema APEC 2017 yang diusung Viet Nam yaitu “Creating New Dynamism, Fostering a Shared Future“, ujar Wamenlu AM Fachir.

Sumbangan tersebut diharapkan dapat menjadi simbol kontribusi Indonesia dalam mendorong pertukaran budaya, konektivitas antarmasyarakat, dan pembangunan komunitas Asia Pasifik melalui kerja sama APEC.

Taman APEC memiliki luas 3000m2 dan berlokasi di tepi Sungai Han, yang akan menjadi salah satu ciri khas kota Da Nang, Viet Nam.

Peresmian Taman APEC merupakan salah satu kegiatan dalam rangkaian KTT APEC yang tengah diselenggarakan di Da Nang, Viet Nam, tanggal 6-11 November 2017.

Rangkaian dimaksud akan ditutup dengan Pertemuan Tingkat Pemimpin Ekonomi APEC yang direncanakan akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo.