Kemenag Tangsel Gagas Gerakan Wakaf Uang

IMG-20190326-WA0004

Kepala Kementerian Agama Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Abdul Rojak menggagas gerakan wakaf uang di lingkungan Kemenag Tangsel. Gerakan wakaf uang ini merupakan upaya mengumpulkan dana untuk pembangunan lembaga keagamaan sekaligus mewujudkan motto Tangsel yang cerdas modern religius.

Demikian disampaikan Kepala Kemenag Kota Tangsel Abdul Rojak dalam acara Sosialisasi Gerakan Wakaf Uang (25/03/2019) bertempat di Aula Kemenag Tangsel. hadir dalam kesempatan ini Ketua BWI (Badan Wakaf Indonesia) Muhammad Hakim dan Bank Muamalat Indonesia.

Hadir pula sejumlah ASN di lingkungan Kemenag Tangsel seperti Kepala MTsN 1 Pamulang, Kepala MIN 1 Kota Tangsel, Kepala MIN 2 Kota Tangsel, Kepala MAN 1 Kota Tangsel, Kasubag TU, para kepala KUA, para KASI, dan lainnya.

Menurut Rojak, wakaf yang sekarang digalakkan di Kemenag Tangsel banyak manfaatnya. Salah satu manfaat yang bisa dirasakan adalah dananya dapat digunakan untuk pembangunan madrasah, perbaikan ruang kelas, atau juga digunakan untuk peningkatan kualitas guru ngaji dan ustadz.

“Meski uang yang terkumpul nanti diserahkan ke BWI (Badan Wakaf Indonesia), tapi pemerintah akan mengembalikan sesuai jumlah uang yang diwakafkan. Semakin banyak uang terkumpul untuk diwakafkan semakin banyak pula uang yang bisa digunakan untuk pembangunan madrasah, rehab kelas, dan peningkatan kualitas guru,” ujar Rojak.

Rojak mengemukan, gerakan ini dimulai dari Kemenag Tangsel merupakan upaya mengumpulkan dana yang sebesar-besarnya yang tabarruk (manfaat) juga akan digunakan untuk pembangunan madrasah, masjid, musholla atau infrastuktur sosial lainnya di Kota Tangsel. Bahkan dana ini juga dapat digunakan memberangkatkan guru-guru ngaji untuk dapat melakukan ibadah umroh.

“Ini merupakan terobosan baru di lingkungan Kemenag Tangsel sebagai upaya tidak selalu menggantungkan kepada anggaran negara dalam pembangunan lembaga-lembaga keagamaan,” ujar Rojak.

Menurut Rojak, banyak potensi uang yang dapat digarap oleh kelompok masyarakat. Wakaf potensi uangnya sangat besar yang dapat untuk pembangunan sekolah, masjid, atau musholla.

Kemenag Tangsel akan mengajak seluruh kelompok masyarakat untuk memaksimalkan potensi wakaf di Tangsel. Begitu juga Kemenag Tangsel akan melakukan kerja sama dengan Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany.
“Untuk menyemarakkan gerakan wakaf ini dimulai dengan launching yang akan dilakukan Wali Kota Tangsel Ibu Airin Rachmi Diany. Gerakan ini selain meningkatkan kualitas lembaga keagamaan juga sebagai upaya mewujudkan motto Tangsel cerdas modern religius yang puncaknya pada tahun 2021,” ujar Abdul Rojak. (YBI)