Kemenkop dan UKM Apresiasi Topkarir.com Siapkan Tenaga Kerja Tangguh Handal dan Mandiri

IMG-20181113-WA0008

Kementerian Koperasi dan UKM mengapresiasi upaya Topkarir.com yang membantu kalangan muda dalam menyiapkan tenaga kerja di Indonesia. Kemenkop dan UKM ingin koperasi maupun UKM tumbuh menjadi usaha yang tangguh, handal dan mandiri.

“Menyiapkan tenaga kerja yang handal bukan hanya tugas Kemenkop dan UKM, tapi seluruh stakeholder sama-sama mewujudkan itu,” kata Asisten Deputi Peran Serta Masyarakat pada Deputi Pengembangan SDM Kementerian Kopersi dan UKM Hariyanto, saat memberikan sambutan pada acara press conference dalam rangka job fair, selasa (13/11/2018, di Jakarta.

Job fair itu sendiri akan digelar di gedung Smesco Indonesia pada 16-17 november mendatang.

Perkembangan wira usaha di Indonesia tumbuh 3,1 %, Kemenkop dan UKM selalu mendorong tumbuhnya wirausaha baru dari kalangan kaum muda dan mahasiswa. Upaya itu dilakukan dengan menyelenggarakan pelatihan-pelatihan di masing-masing provinsi di kampus-kampus berupa pembekalan, keterampilan, pendanaan agar mereka menjadi wirausaha baru yang handal.

“Di era revolusi industri 4,0 ini para pemuda dan mahasiswa harus dapat memanfaatkan perkembangan teknologi, kita harus sama-sama secara simultan dan sinergis,” harap Hariyanto.

Dengan pertumbuhan wirausaha baru ini, harapannya akan mengurangi pengangguran, tenaga kerja dapat terserap serta kemiskinan akan semakin berkurang.

Di tempat yang sama, CEO & co founder PT Topkarir Indonesia Janitra Wirjoatmodjo meyakini bahwa mengatasi masalah pengangguran tidak bisa dilakukan oleh pemerintah sendirian, melainkan stakeholder juga harus turut berperan. Topkarir.com yang didirikan Bayu bersama Andy F Noya, Billy Boen dan Diana Tanu yang memiliki pengalaman di bidang rekrutmen online total selama lebih 15 tahun.

“Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, ke depan Indonesia harus fokus kepada pengembangan sumber daya manusianya dalam rangka menghadapi revolusi industri 4.0 terutama lewat jalur pendidikan vokasional termasuk di dalamnya pelatihan dan sertifikasi,” kata Janitra Wirjoatmodjo.

Oleh karena itu Topkarir.com membangun situs ini dengan menghadirkan lima pilar pengembangan karir yang meliputi informasi magang, lowongan kerja, pelatihan dan sertifikasi, beasiswa, tips karir dan kewirausahaan.

PT Top Karir Indonesia adalah pemilik resmi situs www.topkarir.com yang berdiri pada pertengahan tahun 2015. Situsnya resmi beroperasi pada bulan Mei 2016. Kini ada lebih dari 8.000 perusahaan (employer) yang telah menggunakan layanan top karir dan satu juta database pencari kerja muda (job seeker).