Kemenkop dan UKM Dianugerahi Korpri Award 2018

Kementerian Koperasi dan UKM dianugerahi penghargaan Korpri Award 2018 untuk kategori kementerian dan lembaga karena dianggap mampu mengakomodasi kepentingan ASN di lingkup kementeriannya.

Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Meliadi Sembiring di Jakarta, Kamis, menyatakan rasa bangga atas pencapaian tersebut.

“Ini kebanggaan tersendiri bagi kami karena untuk pertama kalinya mendapatkan Korpri Award untuk kategori Kementerian/Lembaga,” katanya.

Apresiasi tersebut, kata dia, menjadi tantangan tersendiri bagi semua insan Korpri di lingkungan kementeriannya untuk meningkatkan kinerja dan perhatian bagi pegawai dan internal.

“Ini tantangan yang tidak sederhana sebab melalui penghargaan ini kami dinilai sudah mampu memikirkan kesejahteraan ASN, bagaimana agar ASN di lingkup kementerian bekerja lebih produktif,” katanya.

Meski peraih penghargaan tersebut dianggap terbaik namun pihaknya menyatakan masih perlu upaya untuk meningkatkan kinerja Korpri di lingkup kementeriannya.

Sejumlah hal yang selama ini telah dilakukan oleh Korpri Kementerian Koperasi dan UKM di antaranya aktif menyelenggarakan Porseni, bimbingan rohani pegawai, aktif dalam kegiatan sosial, bekerja sama dengan Bulog dan Baznas.

“Berbagai kegiatan ini kami lakukan untuk kepentingan Aparatur Sipil Negara (ASN), sebab jika ASN terpenuhi kebutuhan dan keperluan ekonominya secara psikologis mereka juga akan semakin produktif dan optimal kinerjanya,” kata Meliadi.

Pihaknya juga berupaya mendorong kesejahteraan ASN dan aktif memberikan santunan kepada anggota yang sakit atau meninggal dunia, memenuhi biaya sekolah anak pegawai, dan membuka rumah balita (tempat penitipan anak) di lingkungan Kantor Kementerian Koperasi dan UKM.

Penganugerahan Korpri Award 2018 bagi Kementerian Koperasi dan UKM untuk kategori kementerian/lembaga diserahkan pada saat peringatan hari ulang tahun (HUT) Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) ke-47 di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (29/11), yang dihadiri oleh Presiden Joko Widodo.

Presiden Joko Widodo pada Kamis pagi, 29 November 2018, menghadiri acara HUT ke-47 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) yang digelar di Istora Senayan, Jakarta. Presiden sekaligus bertindak selaku inspektur upacara.

Dalam amanatnya, Kepala Negara menyebut bahwa selama 47 tahun ke belakang, Korpri beserta seluruh jajaran aparatur sipil negara (ASN) telah memberikan kontribusi besar terhadap masyarakat, bangsa, dan negara. Jajaran ASN juga telah menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan menjadi motor penting dalam pembangunan nasional.

“Kemajuan Indonesia yang telah kita capai sampai hari ini tidak terlepas dari peran serta jajaran aparatur sipil negara yang bekerja di semua sektor, di semua level pemerintahan, di semua wilayah Indonesia, serta perwakilan di luar negeri,” ucapnya.