Kemenkop dan UKM Dukung Ormas Tingkatkan Kewirausahaan Dengan Teknologi

IMG-20171103-WA0010

Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Agus Muharram menyampaikan, peran Ormas tidak hanya menentukan kondisi ekonomi negara, tetapi juga berperan dalam menentukan stabilitas negara. Hal tersebut disampaikan Agus dalam pelantikan pengurus Forum Lintas Ormas (FLO) yang juga diisi dengan talk show tentang kewirausahaan yang bertema “Pemanfaatan tekhnologi informasi untuk meningkatkan jiwa kewirausahaan”, Jum’at (3/11/2017) di Auditorium Kementerian Koperasi dan UKM, Jakarta Selatan.

Acara tersebut turut dihadiri Walikota Jaksel Tri Kurniadi, Kesbangpol Jaksel Muhammad Masani, Dandim 0504 Jaksel diwakili Sunarko selaku Kasdim, Kapolres Jakarta Selatan Kombes Pol Iwan Kurniawan, AKBP Dri Astuti selaku kasat Bimas, Ketua Flo Jaksel KH Zaini Ahmad, Camat Setiabudi Dian Erlangga, Danramil Setiabudi Mayor Budi Winoto, Ketua FLO Jagakarsa Purwanto, dan para Lurah se-kecamatan Setiabudi.

“Kami dari pemerintah mendukung aktivitas daripada Ormas dalam menjaga stabilitas keamanan dan perekonomian nasional, yang tentunya mempunyai peran dalam mempertahankan integritas kita sebagai Bangsa Indonesia. Kita harus bekerja keras, kerja tuntas dan kerja ikhlas, serta kerja bersama atau bergotong royong membangun bangsa”, kata Agus dalam sambutannya.

Selain itu, menurut Agus, acara pelantikan yang dikemas dengan talkshow tentang teknologi dalam kewirausahaan tersebut merupakan hal yang penting, mengingat teknologi sudah menjadi alat penunjang yang mutlak bagi keberhasilan dunia kewirausahaan di Indonesia. “Sekarang sepertinya tidak ada yang bisa membendung kemajuan teknologi, kecuali diri kita sendiri dan peraturan yang ditegakan secara tegas dan konsisten, ” tegasnya.

Sementara itu, Walikota Jakarta Selatan Tri Kurniadi juga mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Kopersi dan UKM yang telah memfasilitasi kegiatan pelantikan pengurus FLO tersebut, dan mempersilahkan para anggota Ormas untuk berpartisipasi dalam program kewirausahaan Kemenkop dan UKM.

“Forum Lintas Ormas didirikan untuk membangun dan mengembangkan kesetiakawanan sosial dengan toleransi antar Ormas, dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Maka dengan terbentuknya pengurus Lintas Ormas tingkat Kecamatan, akan dapat menjadi media menjaga keharmonisan hidup Ormas itu sendiri,” tutur Tri Kurniadi.

Dalam kesempatan yang sama pula, Kapolres Jakarta Selatan Iwan Kurniawan mengatakan, “Ini luar biasa, forum Lintas Ormas ini mengemas acara dengan talkshow kewirausahaan. Terlebih kewirausahaan yang ditunjang dengan teknologi,” kata Iwan.

Selain itu, Iwan juga mengapresiasi adanya Talkshow tentang kewirausahaan yang menurutnya mampu meningkatkan ekonomi Indonesia. “Kalau ekonomi kita kuat, maka bangsa kita akan kuat dan tidak mudah diadu domba. Dan pengkhianatan itu terjadi karena ekonomi kita lemah,” tegas Iwan.

Tim Sosial Media Kemenkop dan UKM Freddy Yakob juga menegaskan, bahwa teknologi telah menjadikan pasar baru di dunia maya. “Maka itu terjadilah penjual dan pembeli di online shop. Kalau dulu itu jualannya di Kaskus, nah kita punya peluang disini. Kemenkop UKM punya followers di sosial media sudah puluhan ribu di akun @kemenkopukm, baik Facebook, Twitter, Instagram dan Youtube,” jelasnya.

Karena peluang inilah menurut Freddy, pihaknya membuat program Pasar Senen UKM. Program tersebut guna membantu para UKM yang berjualan online. “Program pasar senen UKM ini ada di instagram kemenkopukm. Hanya tinggal foto produknya setiap hari senin jam 8 sampai jam 12 siang tag ke kita, nanti akan kita promosikan di akun resmi Kementerian Koperasi dan UKM. Di instagram kita itu sekarang terdapat 25.933 followers, dengan total reach minggu kemarin 161.000. Bahkan dilihat dari analisanya GdiLab akun instagram Kemenkop dan UKM, potensial dilihat mencapai 38,9 juta akun. Peluangnya sangat besar nih. Program ini gratis,” jelas Freddy.

Maka, lanjut Freddy, bagi para pelaku usaha yang masih belum online, di buat online. Kalau belum bisa, kontak ke kita. Kita akan bantu semaksimal mungkin. Kalau bapak ibu ngga ngerti kirim pesan ke akun sosmed kita. Kita akan membantu ukm-ukm untuk berjualan secara online. Jadi biasanya kita sabtu minggu udah sosialisasi tuh jangan lupa ikut program pasar senen ukm.

Pakar Informasi dan Teknologi sekaligus Konseptor Sistem Informasi KUMKM Gemma Sasmita mengharapkan, bahwa Kemenkop dan UKM menginginkan anggota FLO bisa memaksimalkan teknologi informasi untuk berwirausaha. “Setiap gerakan jari di gadget kita usahakan dapat menghasilkan uang,” harap Gemma Sasmita yang juga selaku Penasehat di FLO periode 2017-2022.

Forum Lintas Ormas (FLO) adalah sebuah organisasi lintas organisasi kemasyarakatan sebagai sarana silaturahmi dan tempat berkumpulnya ormas-ormas di Setiabudi. FLO yang terdiri dari 18 Ormas ini berharap supaya kecamatan Setiabudi lebih aman, kondusif dan berguna bagi masyarakat serta dapat membantu program keamanan dan kenyamanan bagi aparat di Setiabudi. FLO juga ingin berperan bagi pembangunan daerah khususnya di Setiabudi.