Kemenkop dan UKM Lakukan Terobosan untuk Memodernisasi UMKM

tetenses

Kementerian Koperasi dan UKM akan melakukan terobosan-terobosan untuk membuat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) naik kelas dan lebih modern. Setidaknya ada sejumlah hal yang akan dilakuknnya di pemerintahan baru ini.

“Kita ingin agar UMKM bisa tumbuh dan menyerap lapangan kerja lebih banyak, sehingga bisa menghasilkan devisa,” kata Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, kepada wartawan di Jakarta, selasa (5/11/2019).

Dengan tumbuhnya UMKM, imbuhnya, secara otomatis kebutuhan devisa juga ikut terselesaikan melalui produk-produk UKM yang masuk dalam Global value chain. Jadi dua hal yang dapat diselesaiakan yaitu produk produk UKM yang mempunyai nilai tinggi dan penyerapan tenaga kerja.

“Usaha itu akan kita tempuh dengan cara meningkatkan daya saing dan kapasitas produk UMKM. Dukungan pembiayaan dan investasi,” paparnya.

Selama ini, tambahnya, UMKM tidak mudah untuk mendapatkan pembiayaan. Karenanya Kemenkop dan UKM akan lebih mempermudah UMKM mengakses pembiayaan tersebut.

UMKM, paparnya, juga harus mendapatkan kesempatan dan kemudahan berusaha. Berbagai regulasi yang menghambat akan dipermudah. “Saya sudah diperintahkan Pak Presiden untuk membuat omnibus law perlindungan hukum terhadap produk UMKM, ” paparnya.

Pada kesempatan tersebut, hadir juga Sekretaris Kemenkop dan UKM Rully Indrawan, Deputi Pengembangan SDM Rulli Nuryanto, Deputi Produksi dan Pemasaran Victoria Simanungkalit, staf ahli dan staf khusus.