Kemenkop dan UKM Punya Peran Penting dan Strategis Kembangkan Ekonomi Rakyat

IMG-20190521-WA0023

Komisi Pemilihan Umum (KPU) baru saja mengumumkan Presiden-Wakil Presiden Terpilih periode 2019-2024 yaitu Joko Widodo – Makruf Amin. Bagaimana program-program di Kementerian bisa kembali dilanjutkan.

Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Rully Indrawan yakin program di Kementerian Koperasi dan UKM bisa dilanjutkan pada pemerintahan baru yang akan datang. Kemenkop dan UKM akan mempunyai peran yang sangat penting dan strategis untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan.

“Kita yakin Pemerintahan baru Pak Jokowi nanti akan ada penguatan ekonomi di tingkat grassroot, ada sejumlah hal yang menjadi alasan ekonomi itu tumbuh, Koperasi dan UKM juga akan menjadi tempat tumbuhnya ekonomi rakyat di masa yang akan datang”, kata Rully Indrawan kepada wartawan di Jakarta, Selasa (21/5/2019).

Makruf Amin, imbuhnya adalah pakar ekonomi syariah. Beberapa buku yang direleasse Makruf Amin, juga tentang pentingnya pemberdayaan ekonomi umat. Begitupun Joko Widodo yang sangat konsen terhadap pemberdayaan ekonomi kerakyatan.

“Ini modal awal untuk memberi keyakinan bahwa Kemenkop dan UKM mempunyai peran yang sangat penting dan strategis untuk memberdayakan ekonomi kerakyatan melalui koperasi dan UKM”, tegas Rully.

Koperasi, jelasnya, bukan hanya sebagai tempat sisa-siasa usaha, namun koperasi sebagai tempat masyarakat berkarya, berusaha dan berperan serta untuk mencapai keunggulan-keunggulan dalam kehidupan berbangsa yang tangguh dan berdaya saing.

Sementara itu Deputi Produksi dan Pemasaran Kemenkop dan UKM, Victoria Br Simanungkalit menambahkan, sejak periode lalu pemerintahan Jokowi -JK sangat peduli terhadap produk – produk UKM. “Contoh kongkritnya Pak Jokowi selalu memakai sepatu, jaket dan produk lainnya dari UKM, ini bukti keberpihakannya kepada UKM”, kata Vicky, demikian ia kerap disapa.

Ke depan pihaknya akan selalu mendorong koperasi dan UKM masuk pada industri 4.0, sehingga produk-produk koperasi dan UKM bisa dengan mudah menguasai pasar dengan memanfaatkan tekhnologi.

Direktur Utama LLP KUKM Emilia Suhaemi juga menambahkan, keberlanjutan presiden memimpin negeri ini maka strategi yang dilakukan akan dilanjutkan. “Karenanya manfaatkanlah market place baik secara off line maupun online untuk menggaet pelanggan sebanyak-banyaknya. Era tekhnologi yang baru saat ini yaitu era tekhnologi 4.0, karenanya mau tidak mau harus juga merubah cara memasarkan produk,” harapnya.

Pada kesempatan bertatap muka dengan media tersebut juga dihadiri oleh seluruh Deputi, Dirut BLU dan staff ahli pada Kementerian Koperasi dan UKM.