Kemenlu akan Gelar Hassan Wirajud Perlindungan  WNI Award tahun 2018

Perlindungan WNI merupakan salah satu prioritas kebijakan luar negeri Pemerintahan Kabinet Kerja sebagaimana tertuang dalam butir pertama agenda Nawa Cita. Sejalan dengan hal tersebut, Kementerian Luar Negeri menjadikan Perlindungan WNI sebagai salah satu dari 4 (empat) prioritas politik luar negeri Indonesia.

Adapun upaya perlindungan WNI di luar negeri tidak dapat dilaksanakan hanya oleh Kementerian Luar Negeri, akan tetapi juga membutuhkan sinergi yang kuat antar para pemangku kepentingan termasuk masyarakat sehingga dapat memberikan perlindungan yang prima dan menyeluruh bagi segenap Warga Negara Indonesia guna mendapatkan hasil yang maksimal.

Dalam rangka memberikan motivasi dan penghargaan kepada para pegiat perlindungan dan pemangku kepentingan terkait atas peranan, pengabdian serta kerja keras yang telah dilakukan dalam memberikan perlindungan kepada WNI, sejak tahun 2015, Kementerian Luar Negeri telah memberikan 48 penghargaan Hassan Wirajuda Perlindungan WNI Award (HWPA),kepada organisasi maupun individu, baik pemerintah maupun non-pemerintah.

Penyelenggaraan HWPA 2015-2017 telah memperoleh tanggapan positif, dukungan masyarakat dan media. Untuk itu, Kementerian Luar Negeri akan kembali menyelenggarakan kegiatan penganugerahan penghargaan Hassan Wirajuda Perlindungan WNI Award (HWPA) untuk tahun 2018.