Ketua MA dan Menlu Sepakati Kerja Sama untuk Tingkatkan Pelayanan Publik

Ketua Mahkamah Agung dan Menteri Luar Negeri pada hari ini telah menandatangani Nota Kesepahaman tentang Penanganan Permintaan Bantuan Teknis Hukum dalam Masalah Perdata, guna menggantikan Nota Kesepahaman tentang Penanganan Surat Rogatori dan Permintaan Penyampaian Dokumen Pengadilan dari Pengadilan Negara Asing Kepada Pengadilan di Indonesia dan dari Pengadilan di Indonesia kepada Pengadilan Asing, yang telah habis lima tahun masa berlakunya pada 19 Februari 2018 kemarin.

“Penandatanganan Nota Kesepahaman ini merupakan wujud komitmen bersama MA dan Kemlu untuk terus meningkatkan pelayanan publik karena kerja diplomasi adalah kerja pelayanan publik yang lebih baik, dan berkualitas, demikian disampaikan Menlu RI, Retno Marsudi dalam sambutannya pada acara Penandatanganan Nota Kesepahaman yang dilaksanakan di Gedung Mahkamah Agung tersebut.

Nota Kesepahaman yang baru ini memuat sejumlah pengaturan tambahan, yang dijabarkan dalam Keputusan Bersama dan 3 (tiga) Perjanjian Kerja Sama, yaitu tentang mekanisme pengiriman surat rogatori dan penyampaian dokumen pengadilan dalam masalah perdata, standardisasi format surat rogatori dan penyampaian dokumen pengadilan dalam masalah perdata, serta kurikulum pendidikan dan pelatihan hakim, panitera dan juru sita.

Dalam kesempatan ini Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr. M. Hatta Ali menyampaikan bahwa Nota Kesepahaman bermaksud untuk menegakkan asas peradilan ‘sederhana, cepat dan biaya ringan” meskipun penggugat dan tergugat berdomisili di tempat yang jauh bahkan terpisahkan oleh jurisdiksi negara.

Nota Kesepahaman yang telah ditandatangani ini mengisi kekosongan hukum di bidang bantuan hukum timbal balik dalam masalah perdata yang selama ini belum terdapat pengaturannya.

Menteri Luar Negeri juga berkesempatan untuk meluncurkan website Rogatory Online Monitoring 2018 (ROM 2018) yang dipersiapkan oleh Kementerian Luar Negeri untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dalam pemberian Bantuan Teknis Hukum dalam Masalah Perdata. Website ini menyediakan segala informasi berkenaan dengan Surat Rogatori dan Penyampaian Dokumen Pengadilan dalam Masalah Perdataserta realtime update atas posisi Surat Rogatori dan Penyampaian Dokumen Dokumen Pengadilan yang tengah diproses.