Koperasi Rumah Zakat Bebaskan Warga dari Jeratan Rentenir

Untuk membebaskan masyarakat dari jeratan rentenir, Rumah Zakat mendirikan Koperasi Mekar Berdaya di Banten. Lokasi tersebut merupakan salah sat Desa Berdaya binaan Rumah Zakat yang sudah ada sejak tahun 2015.

“Saya ikut koperasi ini karena ingin terbebas dari rentenir, tadinya mau minjem uang untuk tambahan modal, tapi malah pusing karena ada bunganya. Alhamdulillah sekarang ada koperasi, jadi bisa pinjam uang tanpa bunga,” kata Soraya, salah satu warga, Kamis (12/9).

Menurut Aep Muflih Saepulloh, Fasilitator Desa Berdaya Mekar, pada mulanya koperasi tersebut hanya bisa melakukan kegiatan simpan pinjam saja. Namun saat ini, Koperasi Mekar Berdaya memperluas programnya dengan aktivitas jual beli dan beberapa unit usaha lainnya yang bisa memberikan keuntungan untuk para anggota.

“Unit usaha yang saat ini sudah ada adalah voucher internet dan BRI link, di wilayah kami ini sangat susah signal, terutama jaringan internet. Kami memanfaatkan hal tersebut dengan menjual voucher internet sehingga para anggota bisa mendapatkan penghasilan dari hasil jualan tersebut,” jelas Aep.