KSPPS BTM Bangun Sinergisitas Permodalan Disemua Lini

 

Permodalan bagi lembaga keuangan mikro sangat vital ditengah persaingan lembaga keuangan yang banyak bermain di segmen pembiayaan mikro, terkait hal tersebut Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS)Baitut Tamwil Muhammadiyah (BTM) diminta lebih inovatif dalam melakukan financial engineering (rekayasa keuangan). Selain itu, penting membangun sinergisitas permodalan untuk memperoleh dana dana murah perlu dilakukan baik secara internal di lingkungan Muhammadiyah berupa Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) atau di eksternal dengan menjalin kemitraan dengan lembaga keuangan lainya. Demikian peryataan Ketua Induk KSPPS BTM Achmad Suud, dalam keterangan tertulisnya terkait acara seminar nasional dengan tema Membangun Sinergi Permodalan Dalam Gerakan BTM dan Rapat Anggota Tahunan 2016 di Malang – Jawa Timur pada tanggal 10 – 11 Mei 2017 besok.

Membangun sinergi permodalan selama ini sudah dijalankan oleh BTM hal ini nampak dengan berdirinya BTM sekunder berupa Pusat Koperasi Syariah BTM yang berdiri di 4 provinsi (Lampung, Banten, Jateng dan Jatim). Keberadaan dari BTM sekunder itulah yang berperan dalam aspek mediasi likuiditas. Dengan demikian antar jaringan BTM mampu terintegrasi dan saling mendukung dalam kebutuhan permodalan. “Konsep ini yang kami jalankan dalam rangka membangun korporasi keuangan mikro di Muhammadiyah,”ucap Suud.

Terkait dengan permodalan, Suud juga berharap, dengan keberadaan dari BTM yang sudah berkembang dengan pesat ini, tak ada keraguan lagi bagi warga Muhammadiyah untuk bersinergi dalam menggerakkan bisnis di sektor riil. Begitu juga BTM membuka diri bagi menjalin kemitraan kepada siapapun dalam berindikasi dalam membangun keuangan mikro.

Sementara Direktur Eksekutif Induk KSPP BTM Agus Yuliawan, menambahkan dalam acara seminar yang di hadiri regulator dan mitra BTM dalam pengembangan permodalan. Juga ada brainstorming tentang sharia compliant dari Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI). Dengan adanya brainstorming ini berharap nilai nilai kepatuhan tentang maqosid al syariah tetap menjadi tujuan para pegiat di KSPPS BTM.

Disela sela acara nanti, Agus juga menjelaska, akan hadir pula Ketua Jaringan Saudagar Muhammadiyah (JSM) Bambang Wijanarko yang akan menjalin kerjasama dengan BTM untuk membuat program setiap kantor cabang BTM ada klinik bisnis yang memberikan konsultasi bisnis dan kewirausahaan. “Saya rasa sinergi antara JSM dan BTM ini merupakan sinergi yang strategis dalam mendorong pilar ketiga Muhammadiyah dan sekaligus membangkitkan kewirausahaan di akar rumput yang menjadi konsen Muhammadiyah,”ucap Agus.

Filed in: Daerah

You might like:

Panglima TNI Tinjau Geladi Bersih Upacara Prasetya Perwira TNI-Polri    Panglima TNI Tinjau Geladi Bersih Upacara Prasetya Perwira TNI-Polri  
Menkop UKM Dorong Terus UMKM Naik Kelas Menkop UKM Dorong Terus UMKM Naik Kelas
Kemenkop Sosialisasi Program PLUT KUMKM di Sumbar Kemenkop Sosialisasi Program PLUT KUMKM di Sumbar
Satukan Barisan, IPHI DKI Jakarta Akan Gelar Rekonsiliasi Satukan Barisan, IPHI DKI Jakarta Akan Gelar Rekonsiliasi
© 2017 Mediasi Online | media informasi pemersatu. All rights reserved. XHTML / CSS Valid.