Lakukan Comparative Study, Bakamla RI Kunjungi Philippine Coast Guard

Delegasi Bakamla RI yang dipimpin oleh Direktur Latihan Bakamla RI, Laksma TNI Muspin Santoso, S.H., M.Si (Han) melakukan kunjungan kerja ke Philippine Coast Guard (PCG), di Manila, Filipina, beberapa hari lalu.

Kedatangan delegasi diterima dengan hangat oleh Commodore Joel S Garcia PCG Ph.d., H.D., Al-Haj selaku Officer In-Charge PCG beserta jajarannya. Tujuan kunjungan kali ini adalah untuk melakukan comparative study dalam rangka penyusunan pedoman pelatihan Bakamla RI guna meningkatkan kemampuan personel Bakamla RI di masa yang datang.

Kunjungan yang berlangsung selama tiga hari sejak tanggal 10 – 12 Oktober 2017 ini, memberikan penjelasan dan diskusi mengenai pola-pola pendidikan dan pelatihan yang dimiliki oleh PCG. Mulai dari Pendidikan dasar bagi Officers dan Enlisted Personnel sampai dengan pendidikan kekhususan yang dimiliki oleh PCG. Delegasi Bakamla RI juga mendapatkan penjelasan tentang pola karir, proses rekruitmen, kurikulum pelatihan dan struktur organisasi PCG yang baru.

Lebih lanjut, kedua instansi juga membahas tentang rencana kerja sama di masa mendatang yang akan diformalkan dengan MoU antara Bakamla RI dengan PCG. Kedua instansi mengharapkan adanya peningkatan kerja sama sehingga dapat memberikan kontribusi yang lebih besar terhadap keamanan maritim kedua negara dan keamanan di kawasan Asia Tenggara.

Tidak hanya berkunjung ke Kantor Pusat PCG, delegasi Bakamla RI juga mendapatkan kesempatan untuk berkunjung ke PCG Training Center dan K-9 Unit di Taguig, National Coast Watch Center di Manila dan menjadi tamu kehormatan penyambutan Kapal Patroli PCG MRRV 4407 ‘Sindangan’ yang baru tiba dari Jepang.

Dalam kunjungan ini Direktur Latihan Bakamla RI didampingi oleh Kasubdit Penyelenggaraan Latihan Bakamla RI Kombes Pol. Benny Iskandar, SIK., M.Si., Kasubdit Perencanaan Latihan S. Joewono, S.E., M.M., Kasi Kerja Sama Multilateral dan Organisasi Internasional Hudiansyah Is Nursal, S.H., MILIR., dan Kasi Latihan Operasi Laut Waskito Alim H.