LLP-KUKM Satu Dasawarsa Smesco, Ribuan UKM Hebohkan ‘Smesco Business Festival’

Peringatan Satudasawarsa Smesco Business Festival
Peringatan Satudasawarsa Smesco Business Festival

Peringatan Satudasawarsa Smesco Business Festival

Ribuan Usaha Kecil Menengah (UKM) akan menghadiri ajang ‘Smesco Business Festival’ pada 18-21 Juli 2017 di gedung Smesco Indonesia, Jl Gatot Subroto Kav 94 Jakarta. Mereka memeriahkan rangkaian kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka satu dasawarsa Smesco Indonesia. Mengisi satu dasawarsa ini, LLP KUKM Kementerian Koperasi dan UKM sejak awal hingga akhir tahun 2017 nanti menyelenggarakan berbagai kegiatan, yg didikasikan sebagai komitmen layanan kepada Koperasi dan UKM khususnya dalam rangka peningkatan promosi dan pemasaran produk-produk Koperasi dan UKM baik untuk pasar dalam negeri maupun luar negeri.

“Dalam sehari kita mengundang 250 UKM untuk bertemu dengan para buyer dan reseller untuk membuka peluang akses pasar ke ekspor, ritel modern dan akses pasar online,” kata Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM (LLP- KUKM) Kemenkop dan UKM Ahmad Zabadi di Gedung Smesco Indonesia, Jumat (14/7/2017).

Zabadi menambahkan para pelaku UKM yang datang dari berbagai penjuru tanah ari dan buyer dari berbagai negara itu akan mengikuti rangkaian acara pada gelaran ini antara lain, Smesco exhibition, sport expo, seminar dan talkshow, festival kuliner dan Smesco fashion show. Selain itu juga digelar lomba cheerleaders, freestyle dancer, street music festival dan lomba mewarnai.

“Acara ini didukung oleh semua elemen di setiap daerah yang bergerak dan saling berkolaborasi dalam memberdayakan KUMKM,” ujar Zabadi. Selain itu juga sebagai cara mempublikasikan aktivitas dan visualisasi berbagai pencapaian pengembangan UKM yang di tangani LLP KUKM dalam 10 tahun terakhir.

Ia menambahkan dalam kegiatan yang digelar selama empat hari mulai pukul 10.00-19.30 WIB di seluruh kawasan Smesco Indonesia yang menganbil tema ‘Satu Dasawarsa Dedikasi Smesco untuk KUMKM di Indonesia’. Pada ajang inilah pihaknya sekaligus memberikan kesempatan kepada para pelaku UMKM dan ekonomi kreatif untuk memamerkan produk-produknya, berkarya, dan berkreasi dalam berbagai bentuk kegiatan.

“Kami berharap gelaran ini akan dikunjungi oleh berbagai kalangan masyarakat termasuk tamu asing, media, pelajar dan mahasiswa, hingga komunitas-komunitas media sosial,” harapnya.

Zabadi mengungkapkan dalam 10 tahun ini Smesco Indonesia mampu memberikan peluang yang lebih besar kepada KUMKM di Indonesia untuk memasarkan produknya. Selain itu juga termasuk meningkatkan branding produk KUMKM di pasar yang lebih luas.

“Dengan begitu upaya ini bisa mendorong pada peningkatan perekonomian masyarakat baik di perkotaan dan pedesaan sekaligus menggalakkan Gerakan Kewirausahaan Nasional,” pungkasnya.(*)
Jakarta, 18 Juli 2017
Humas LLP-KUKM
Kemenkop UKM