Panglima TNI : Karateka Harus Bermimpi Raih Prestasi di Olimpiade 2020

Kita harus mempunyai mimpi meraih emas di Olimpiade 2020 dari cabang karate, hal tersebut dapat terwujud asalkan kita bertekad untuk berbuat yang terbaik, berani, tulus dan ikhlas dalam melaksanakan tugas dan fungsinya masing-masing untuk membesarkan FORKI. Demikian dikatakan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo saat melantik pengurus Forki Maluku Utara periode 2016-2020 di Hotel Grand Dafam Bela, Ternate, Maluku Utara, Kamis (8/6/2017).

Lebih lanjut Panglima TNI mengatakan bahwa, kecintaan terhadap karate sebagai gambaran kecintaan terhadap Indonesia, oleh karena itu olahraga karate harus disiapkan sejak awal, perlu tangan dingin dan kebersamaan dalam kepengurusannya.

Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengatakan bahwa, sejak tahun 1964 s.d 2014 karateka Indonesia tidak pernah mendapat emas di event karate internasional. Mulai  tahun 2015 secara konsisten karateka Indonesia dalam kejuaraan-kejuaraan dunia membawa pulang medali emas. “Itu dimulai dari World Karate Federation (WKF) di Tangerang, Indonesia mendapatkan 4 medali emas, selanjutnya di setiap kejuaraan-kejuaraan internasional, karateka kita mendapat medali emas,” katanya.

Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menyampaikan bahwa, untuk pertama kali Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (FORKI) masuk di Olimpiade tahun 2020 di Jepang, sehingga kesempatan ini sangat baik sekali untuk meraih emas, dengan catatan semua pengurus di daerah-daerah menyiapkan kader-kadernya dengan baik untuk bersama-sama diseleksi sebagai karateka mewakili Negara Kesatuan Republik Indonesia. “Kita sama-sama dambakan pada Olimpiade yang akan datang, seluruh perwakilan negara yang hadir bisa menghormat Sang Merah Putih karena ada atlet karateka dari Indonesia khususnya dari Ternate yang bisa meraih medali emas pada kejuaraan Olimpiade tersebut,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo memberikan beberapa penekanan kepada Pengurus FORKI  Provinsi Maluku Utara periode 2016-2020. Pertama, Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia adalah organisasi olahraga yang dapat meningkatkan martabat, kehormatan dan  menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa. Kedua, kehadiran para pengurus FORKI Maluku Utara adalah untuk siap memberikan dharma bakti demi kejayaan olahraga karate bukan sekedar mencari popularitas, kedudukan dan kehormatan. Ketiga, kepercayaan yang diberikan masyarakat pada olahraga karate melalui FORKI Provinsi Maluku Utara harus dipertanggung jawabkan dengan kerja keras.