Penulis Cilik dari BINUS SCHOOL Bekasi

Setiap anak bisa menjadi penulis! Apalagi jika menulis adalah hobinya. Kembali lagi BINUS SCHOOL Bekasi mencetak prestasi melalui siswa-siswi didiknya, dan kali ini prestasinya datang dari dunia literatur. “Treasure of Bali”, sebuah buku cerita fiksi hasil tulisan siswi sekolah dasar tingkat enam dari BINUS SCHOOL Bekasi bernama Kayla Safira Azzahra, menceritakan tentang pengalaman dua orang gadis kecil yang mendapat petunjuk harta karun namun berujung pada petualangan seru keliling Bali, dimana mereka justru menemukan tempat-tempat menarik di Bali yang belum pernah mereka ketahui sebelumnya.

Kebanggaan Kayla akan keindahan pariwisata Bali menjadi latar belakangnya dalam menulis buku tersebut. Gadis yang baru saja genap berusia 11 tahun ini ternyata sudah jatuh cinta dengan membaca dan menulis sejak di kelas taman kanak-kanak, dan sering mengikuti lomba-lomba menulis untuk tingkat anak sekolah. Pada Oktober 2018 lalu, Kayla baru saja memenangkan kompetisi menulis yang diadakan oleh Kidpublish, sebuah penerbit buku yang membantu menerbitkan buku yang ditulis oleh anak-anak berusia 15 tahun ke bawah. Pada perlombaan tersebut, gadis yang juga piawai memainkan piano ini berhasil meraih juara ketiga mengalahkan ratusan siswa dari sekolah-sekolah lainnya. Sangat membanggakan bukan?

Momen diluncurkannya buku karya Kayla ini di sekolah adalah pada saat perayaan “Language and Literature Festival”, sebuah festival tahunan yang diadakan oleh BINUS SCHOOL Bekasi,  dalam rangka hari Bahasa Ibu Internasional yang jatuh di tanggal 21 Februari, yang bertujuan untuk memperdalam kecintaan siswa akan keberagaman budaya lokal maupun internasional dan juga mengasah kemampuan berbahasa asing para siswa.

Leony Siagian selaku Wakil Kepala Sekolah BINUS SCHOOL Bekasi, menanggapi bahwa buku ini sangat baik untuk dibaca anak-anak. Gaya bahasa yang digunakan dalam buku tersebut merupakan gaya bahasa anak anak, namun tetap dengan standar bahasa yang mudah dipahami oleh siapapun. “Karakteristik tulisannya anak-anak sekali. Kayla menuliskannya dengan sangat natural. Suatu kebanggaan bagi BINUS SCHOOL Bekasi memiliki anak berprestasi seperti Kayla, masih duduk di bangku sekolah dasar namun sudah berani dan mampu merilis sebuah buku hasil tulisannya sendiri.”

Harapan BINUS School Bekasi ke depannya agar siswa-siswi di era generasi milenial ini turut memberikan sumbangsihnya terhadap dunia pendidikan. Dengan terus memupuk minat membaca dan menulis secara terus menerus, akan muncul generasi milenial yang cakap akan literasi.