Penyuluhan Desa Tangguh Bencana di Rusun Marunda, Jakarta Barat

Untuk memberikan edukasi mengenai kebencanaan, Rumah Zakat Action menggelar penyuluhan Desa Tangguh Bencana pada Selasa, (16/3). Kegiatan tersebut dilaksanakan di Rusun Marunda, Jakarta Barat.

Desa Tangguh Bencana merupakan salah satu program Rumah Zakat Action untuk mendukung pengurangan resiko bencana di Indonesia. Selain itu juga bertujuan untuk membentuk masyarakat yang mandiri dalam menghadapi bencana.
“Rencananya kegiatan ini akan rutin dilasanakan setiap dua bulan sekali. Diharapkan dengan adanya program ini bisa memberikan pengetahuan kepada masyarakat bagaimana persiapan dan hal apa saja yang harus dilakukan ketika bencana terjadi,” jelas Izzatul Yazid, Koordinator Relawan Rumah Zakat.
Pelatihan kebencanaan tersebut diikuti oleh 60 orang dari berbagai perwakilan. Mulai dari perwakilan Kelurahan Marunda, RT/RW setempat, guru, pengurus PKK, Majelis Taklim, Karang Taruna, dan beberapa tokoh masyarakat Marunda hadir mengikuti penyuluhan tersebut.
“Dengan mengikuti pelatihan ini, kami bisa mengetahui bagaimana tindakan yang harus lakukan ketika terjadi bencana. Ilmu yang kami dapat hari ini sangat bermanfaat,” ungkap Rahayu, salah satu warga Rusunawa.