Presiden Jokowi Tekankan Pentingnya Pembangunan Inklusif kepada Pengusaha Terkemuka APEC

Presiden RI Ir H Joko Widodo

“Pembangunan inklusif adalah salah satu fokus Pemerintah Indonesia untuk memastikan agar kesejahteraan dapat dinikmati seluruh rakyat”, tegas Presiden RI, Joko Widodo, pada kegiatan dialog Pemimpin APEC dengan APEC Business Advisory Council (ABAC), di Da Nang, Viet Nam, 10 November 2017. Dialog mengangkat tema “Creating New Dynamism, Fostering A Shared Future”.

                                                                                                   

Pada sesi dialog kelompok, Presiden RI berbagi pengalaman kepada para pengusaha terkemuka APEC mengenai kebijakan pembangunan inklusif yang dapat dipelajari negara lain dari Indonesia, diantaranya melalui dana desa, akses pelayanan kesehatan dan pendidikan melalui Kartu Indonesia Sehat dan Kartu Indonesia Pintar, serta pengembangan UMKM.

Presiden RI yang pada dialog tersebut duduk satu kelompok dengan Presiden RRT, Presiden Peru, dan PM Selandia Baru juga menyampaikan pengalaman Indonesia membangun infrastruktur untuk tingkatkan konektivitas dan menghubungkan daerah tertinggal, terdepan, dan terluar, serta menurunkan disparitas harga.

 

ABAC merupakan mitra pemerintah di APEC yang memberikan saran dan masukan kebijakan untuk memfasilitasi perdagangan dan investasi di kawasan APEC. Setiap anggota ekonomi APEC menunjuk hingga tiga pengusaha terkemukanya sebagai anggota ABAC.