Ribuan Pelamar Ikuti Seleksi Kompetensi Dasar CPNS Bakamla RI

Berdasarkan hasil kelulusan seleksi administrasi CPNS Bakamla RI Tahun 2017 yang telah diumumkan pada 29 September lalu,  Sebanyak 2315 pelamar yang telah dinyatakan lolos seleksi administrasi mengikuti ujian tahap selanjutnya menggunakan system Computer Assisted Tes (CAT), di Komplek Seskoal, Cipulir, Jakarta Selatan, Senin (16/10/2017).

 
Dalam tahapan ini, yaitu tes kompetensi dasar, peserta diuji kemampuannya dalam hal wawasan kebangsaan, intelegensi umum, dan karakteristik pribadi. Berdasarkan pantauan di lapangan, ujian berlangsung dengan aman dan lancar, meskipun cuaca dalam keadaan mendung dan hujan. Pada saat pelaksanaannya, ujian dibagi dalam lima sesi, masing-masing sesi diikuti 232 orang. 
 
Pada seleksi CPNS tahun ini, Bakamla RI membuka 225 formasi, dengan rincian 4 formasi Putra/Putri Papua, 1 formasi _Cum Laude_ (Dengan Pujian), dan sisanya dari formasi umum. Kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan untuk jenis formasi Papua yaitu Juru Mudi berlatar belakang SMK Ilmu Pelayaran Nautika untuk ditempatkan  pada KN 4803 dan KN 4805 di Ambon serta Juru Mesin berlatar belakang SMK Ilmu Pelayaran Teknika untuk ditempatkan pada kapal yang sama. Satu formasi _Cum Laude_ berlatar S1 Hukum direncanakan untuk menempati KN 110 meter di Batam. Sementara itu dari jalur umum dibutuhkan kualifikasi mulai dari SMA dan yang sederajat hingga S1.