Rumah Zakat Bantu Kembangkan Usaha Tunanetra di Bekasi

Rumah Zakat menyalurkan bantuan modal usaha untuk Abdul Karja Khoirudin, seorang tunanetra penjual telur asin di Kampung Rawa Palangan RT 01/06, Desa Telaga Murni, Kec. Cikarang Barat. Meski tidak dapat melihat, namun Karja tetap semangat untuk menghidupi istri dan keempat anaknya.

“Setiap hari saya berjualan dari Cikarang Barat hingga Bekasi Timur dengan jalan kaki bersama istri saya. Alhamdulillah karena sudah rutin berjualan jadi sudah ada beberapa warga yang menjadi langganan. Setiap hari sekitar 100 sampai 150 butir telur asin terjual dengan harga Rp3000 per butir,” ungkap Karja, Senin (10/7).

Usaha tersebut, sudah dijalani Karja sejak dua tahun yang lalu. Pada mulanya, usaha ini ia bangun bersama dengan temannya. Namun, karena terkendala modal, usaha yang dijalani Karja sempat terhenti dan menyebabkan Karja kehilangan mata pencahariannya selama beberapa bulan.

“Alhamdulillah, dengan bantuan modal usaha dari Rumah Zakat akhirnya saya bisa melanjutkan usaha saya. Apalagi sekarang saya juga mendapatkan wawasan lebih banyak tentang kewirausahaan,” kata Karja.

Selain berjualan telur asin, setiap hari Karja juga dipercaya untuk menjadi imam di masjid sekitar rumahnya. Meskipun kondisi matanya tidak dapat melihat dengan sempurna, saat ini Karja memiliki hafalan sebanyak 15 juz.