Rumah Zakat Berantas Buta Huruf Al Quran di Kabupaten Probolinggo

Untuk memberantas buta huruf Al Quran pada Lansia, Rumah Zakat membina para Lansia di Desa Berdaya Sepuh Gembol dengan Program Tulis Baca Quran (TBQ). Hal tersebut dilatarbelakangi karena masih banyaknya warga yang belum bisa membaca Al Quran. 

“Setelah melakukan survey, ternyata kebanyakan ibu-ibu di sini belum bisa membaca Al Quran. Banyak dari mereka yang belum lulus SMP, bahkan belum lulus SD sudah putus sekolah dan memutuskan untuk menikah,” kata Fuad, Fasilitator Desa Berdaya Rumah Zakat, Jumat (18/1).

Fuad menambahkan, dengan adanya Program TBQ diharapkan warga Desa Sepuh Gembol secara perlahan bisa membaca Al Quran meskipun harus dimulai dari iqra. Selain mempelajari bacaan Al Quran, Fuad juga selalu memberikan tausiyah yang bertujuan untuk menambah semangat warga dalam beribadah.

“Sebelum ada TPQ Lansia ini, mereka belum bisa melafalkan huruf hijaiyah. Alhamdulilah sekarang sudah bisa membaca ayat sambung, bahkan sudah ada yang bisa membaca Al Quran,” ungkap Fuad.

TPQ Lansia binaan Rumah Zakat tersebut sudah berdiri sejak Februari 2017. Sampai saat ini sudah terdapat  22 Lansia yang rutin mengikuti pengajian di Desa Berdaya Sepuh Gembol, Kabupaten Probolinggo.