Rumah Zakat Berdayakan Desa Babat Melalui Potensi Peternakan

Untuk memberdayakan warga, Rumah Zakat menyalurkan bantuan kepada peternak di Desa Berdaya Babat, Palembang. Bantuan yang diberikan berupa 10 ekor kambing dan 7.000 bibit ikan lele untuk 10 penerima manfaat yang bekerja sama dengan PT Medco E&P Indonesia.

Desa Berdaya Babat berlokasi di Kecamatan Penukal, Kabupaten Penukal, Abab Lematang, Palembang. Salah satu program pembinaan Rumah Zakat yang terdapat di Desa Babat adalah pembinaan kewirausahaan kepada kelompok ternak kambing dan ikan lele.

Menurut Aprin Sani, Fasilitator Desa Berdaya Babat, para penerima manfaat tidak hanya diberikan bantuan modal saja. Di samping itu, mereka juga mendapatkan pendampingan dan pelatihan tentang peternakan.

“Untuk memberdayakan masyarakat, kami tidak hanya memberikan modal saja, tetapi juga diberikan pembinaan melalui berbagai pelatihan. Hal tersebut tentu bertujuan untuk mendidik masyarakat agar bisa mengelola hewan ternaknya dengan baik melalui pengetahuan baru yang mereka miliki,” Aprin kata Andri, Senin (9/9).

Di pertengahan tahun 2019, kelompok ternak Desa Berdaya Babat mendapatkan pelatihan dari Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Pali. Mereka mendapatkan materi seputar budidaya lele dan kambing dari para ahli di bidangnya.