Rumah Zakat Gelar Penyuluhan Pelajar Bebas Asap Rokok di 3 Sekolah

Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional yang ke-53, Rumah Zakat menggelar kegiatan penyuluhan kesehatan yang bertajuk Pelajar Bebas Asap Rokok. Kegiatan tersebut digelar di tiga sekolah dengan jangka waktu yang berbeda.

Pelaksanaan pertama diselenggarakan di SD 2 Sabdodadi, Keongan pada hari Jumat (10/11) lalu. Sekolah selanjutnya yang akan dikunjungi adalah SD Juara Yogyakarta yang akan dilaksanakan pada 17 November 2017. Dan yang terakhir akan diselenggarakan di SMP Negeri 2 Sewon pada 27 November 2017 mendatang.

“Penyuluhan ini kami lakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran para siswa mengenai bahaya rokok. Kami harap bukan anak-anak saja yang bisa menghindarinya, tapi mereka juga bisa mengingatkan masyarakat di lingkungan sekitarnya untuk tidak merokok,” ungkap Alfian tim kesehatan Rumah Zakat, Senin (13/11).

Kegiatan pertama yang digelar di SD 2 Sabdodadi diisi dengan sosialisasi bahaya asap rokok kepada seluruh siswa yang berjumlah lebih dari 224 orang. Kemudian dilanjutkan dengan pemutaran film pendek yang bertemakan bahaya rokok dan disertai dengan simulasi cara kerja paru-paru oleh kelas V dan VI.

Setelah melakukan simulasi cara kerja paru-paru, seluruh siswa SD 2 Sabdodadi diajak untuk menandatangani selembar kertas. Hal tersebut dilakukan sebagai simbol komitmen untuk tidak merokok di manapun dan kapanpun mereka berada.

“Senang sekali bisa ikut merayakan Hari Kesehatan Nasional ini. Kegiatannya seru, ada nonton filmnya juga. Terima kasih kakak-kakak dari Rumah Zakat. Saya akan coba mengingatkan masyarakat di sekitar untuk tidak merokok juga,” ujar Dea Putri, salah satu siswi SD 2 Sabdodadi.