Rumah Zakat Lakukan Aksi Peduli Bencana Angin Kencang di Jawa Timur

Rumah Zakat  melakukan Aksi Peduli Bencana di tiga wilayah Jawa Timur, yaitu Desa Sumberbrantas, Desa Gunungsari, Desa Sumbergondo, Kec. Bumiaji, Kota Batu. Tiga desa tersebut terdampak angin kencang  yang terjadi pada Sabtu (21/10).

Menanggapi hal tersebut, Rumah Zakat menugaskan relawan untuk melakukan proses identifikasi dan berkoordinasi dengan pihak terkait. Selain itu, Rumah Zakat juga menyalurkan 200 Superqurban, sabun mandi, sikat gigi, dan mendirikan pos segar.

Menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), jumlah pengungsi saat ini berkisar 1.216 jiwa. Sedangkan beberapa  titik lokasi pengungsian berada di PB BPBD Kota Batu, Rumah Dinas Walikota, Balai Desa Punten, Balai Desa Tulungrejo, dan SDN Punten 01.

Dari kejadian tersebut berdampak pada kerusakan bangunan rumah warga, fasilitas umum, jaringan komunikasi, dan jaringan listrik. Selain itu, bencana tersebut menyebabkan satu orang meninggal dunia, dan beberapa lainnya luka-luka dan mengalami gangguan saluran pernafasan.

“Saat ini warga membutuhkan bahan makanan untuk dapur umum, pos segar, dan pos hangat. Di samping itu juga membutuhkan perlengkapan bayi, wanita, dan peralatan mandi,” kata Izzatul Yazid, Relawan Rumah Zakat.