Rumah Zakat Lampaui Target Pengimpunan Dana Zakat

Pada Ramadhan 1438 Hijriyah, penghimpunan dana zakat di Rumah Zakat berhasil melampaui target. Tahun ini, Rumah Zakat berhasil menghimpun 101 persen dari target pengimpuan Ramadhan yaitu sebesar Rp70 miliar.

“Alhamdulillah penghimpunan zakat tahun ini berhasil melebihi target. Pertumbuhan penghimpunan dana zakat ini bisa terjadi salah satunya karena pemahaman masyarakat tentang zakat yang sudah semakin matang. Artinya, masyarakat sudah memiliki pemahaman bahwa zakat merupakan kewajiban, dan membayar zakat di lembaga resmi adalah suatu keharusan,” papar CEO Rumah Zakat, Nur Efendi, Selasa (4/7).

Selain itu, Nur berpendapat, terjadinya peningkatan penghimpunan dana zakat yang terjadi setiap tahun dipengaruhi oleh lonjakan ekonomi masyarakat menjadi middle class Muslim. Hal ini mendorong kesadaran masyarakat untuk berbagi dan menyisihkan rezeki mereka.

“Saat ini masyarakat sudah banyak yang menjadikan zakat sebagai gaya hidup. Ini adalah kabar baik karena pemahaman masyarakat sudah semakin meningkat. Sepengetahuan saya hal ini terjadi pula di lembaga-lembaga zakat resmi lain,” tambah Nur.

Setiap tahun Rumah Zakat mengalami peningkatan penghimpunan dana zakat  dengan rata-rata pertumbuhan 10 persen. Tahun lalu, Rumah Zakat pun berhasil menghimpun sekitar 102 persen dari target yang ditentukan yaitu Rp60 miliar.