Rumah Zakat Peringati World Diabetes Day

Rumah Zakat peringati World Diabetes Day dengan mengadakan penyuluhan, cek kesehatan, dan pemberian tambahan makanan kepada para lansia. Kegiatan tersebut diselenggarakan di RW 01 Kel. Petogogan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Kali ini, tema yang diusung adalah Women and Diabetes Our Right to Healthy Future. Tema tersebut diambil karena perempuan lebih rentan terkena diabetes dibandingkan dengan laki-laki.

Peringatan World Diabetes Day bertujuan untuk mencegah dan mendeteksi dini resiko diabetes melitus. Selain itu juga untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat agar bisa meningkatkan kualitas kesehatan dengan mengontrol gula darah dengan melakukan cek kesehatan dan penyuluhan.

Para peserta didominasi oleh lansia, mereka sangat antusias dengan materi yang disampaikan. Terbukti dari banyaknya peserta yang bertanya mengenai permasalahan kesehatan yang mereka alami. Selain mendapatkan penyuluhan kesehatan, peserta juga mendapatkan fasilitas cek kesehatan gratis, pemberian makanan tambahan dan buku saku atau leaflet mengenai diabetes.

Dari hasil pemeriksaan kesehatan di RW 01 Kelurahan Petogogan, ditemukan sekitar 5 orang yang sudah terdiagnosis diabetes melitus. Sedangkan beberapa diantaranya berada dalam kategori prediabetes, dan sebagian lainnya memiliki kondisi gula darah dalam kategori normal.

“Alhamdulillah penyampaiannya bagus sekali dan menambah pengetahuan kita di sini. Saya sarankan agar Rumah Zakat terus memberikan penyuluhan kesehatan seperti ini kepada kami. Terima kasih donatur Rumah Zakat.” Ungkap Sholeh, ketua FKLU Kel. Petogogan.