Rumah Zakat Resmikan Warung Berdaya di Samadikun Selatan, Cirebon 

Rumah Zakat meresmikan Warung Berdaya di RW 10 Samadikun Selatan, Kelurahan Kesenden, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon. Persesmian tersebut bertepatan dengan Hari Peduli Sampah Nasional pada Kamis (21/08).

“Warung Berdaya ini lahir dari inovasi pengembangan Program Sedekah Sampah. Dengan adanya Warung Berdaya tersebut diharapkan bisa memberikan dampak ekonomi positif bagi warga, sehingga masyarakat di sini lebih mandiri dan produktif,” kata Iman Handiman, Branch Manager Rumah Zakat.
Warung Berdaya merupakan salah satu pengembangan dari Program Sedekah Sampah yang telah berjalan sejak pertengan tahun 2018. Selama tujuh bulan berjalan, hasil dari program tersebut sudah terkumpul sebanyak 1.257 Kg sampah dari 131 anggota.
Menurut Iman Handiman, sedekah sampah binaan Rumah Zakat merupakan program pengelolaan sampah berbasis sosial. Hasil sampah tersebut digunakan untuk keperluan kesehatan dan sosial kemasyarakatan di Kelurahan Kesenden, salah satunya dengan mendirikan Warung Berdaya.
Hal tersebut diapresiasi oleh pemerintah Kecamatan Kejaksan, Kelurahan Kesenden, dan DLH (Dinas Lingkungan Hidup) Kota Cirebon. Menurutnya, program tersebut membantu pemerintah setempat untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri dan terbebas dari sampah.