RZ Bangun Desa Mandiri Pangan di Mojosongo

Rumah Zakat inisiasi untuk membangun Desa Mandiri Pangan dengan mengadakan program Kampung Sayuran di wilayah Mojosongo, Jawa Tengah. Rabu, (6/12) rombongan Dinas Pertanian Provinsi Jawa Tengah mengunjungi wilayah Kampung Sayuran binaan Rumah Zakat di Mojosongo.

Kunjungan tersebut sebagai wujud apresiasi Dinas Pertanian terhadap program Kampung Sayuran binaan Rumah Zakat. Menurutnya, program tersebut sangat positif karena mengajak para warga untuk menanam sayuran secara mandiri.
“Selain mengapresiasi program kami, Dinas Pertanian juga mengajak kami bersama-sama untuk membentuk Desa Mandiri Pangan. Ke depannya diharapkan, setiap warga dalam satu rumah dapat menanam 50 pot sayuran, memiliki kolam ikan sederhana, memelihara 5 ekor ayam, hingga menanam 50 log jamur tiram,” jelas Anto, Public Health Cita Sehat Solo.
Staff Dinas Pertanian juga datang bersama rombongan Kelompok Wanita Tani dari Kota Semarang. Hal tersebut bertujuan untuk mempelajari teknik urban farming di perkotaan yang telah dilakukan oleh warga Mojosongo.
“Hadirnya Kelompok Wanita Tani dari Semarang, yaitu untuk belajar teknik urban farming dari warga Mojosongo yang telah berhasil menerapkan teknik tersebut selama 3 tahun. Kita doakan sama-sama semoga ke depannya program ini semakin lancar,” pungkas Anto.