RZ Distribusikan 600 Paket Superqurban di Wilayah Kekeringan

Rumah Zakat mendistribusikan 600 paket Superqurban di Dusun Gebang, Desa Girisuko, Kecamatan Panggang, Gunung Kidul, Yogyakarta. Lokasi tersebut merupakan wilayah binaan Rumah Zakat yang mengalami kekeringan di Kabupaten Gunung Kidul. 

Mayoritas warga di Dusun Gebang bekerja sebagai petani ladang yang sangat bergantung dengan pengairan dari sumber air hujan. Di sisi lain, penghuni Dusun Gebang didominasi oleh lansia, sedangkan warga usia produktif banyak yang merantau ke kota untuk bekerja.

“Di desa ini, kebanyakan warganya jarang mengkonsumsi daging. Paling mereka bisa makan daging setahun sekali, waktu Hari Raya Idul Adha. Alhamdulillah Superqurban ini sangat membantu masyarakat untuk mengkonsumsi makanan yang enak dan sebagai stok makanan lauk pauk warga,” ujar Sugiyanto (67), salah satu tokoh setempat.

Dalam Ekspedisi Superqurban tersebut, Rumah Zakat mengirimkan 20 tim untuk membantu menyalurkan paket Superqurban kepada warga pada Kamis (3/5). Jumlah warga di Dusun Gebang terdapat lebih dari 250 KK.

Salah satu warga mengaku sangat senang bisa mengkonsumsi daging Superqurban. “Orang tua seperti saya yang sudah tidak punya gigi lagi. Jadi sangat kesulitan untuk makan daging. Tapi ini dagingnya sudah empuk, jadi saya bisa memakannya,” ujar Tumilah (85), salah satu warga Dusun Gebang.