Satgas Indobatt Melaksanakan COE/ORI Periodik

TimContingent Owned Equipment (COE) dari United Nations Interim Force in Lebanon (UNIFIL) beberapa waktu lalu melaksanakan Operational Readiness Inspection (ORI) di Markas Indobatt, Lebanon Selatan. Pemeriksaan COE/ORI terdiri dari  major equipmentdan self sustainment.

Adapun untuk major equipmentmeliputi pemeriksaan kendaraan tempur, kendaraan ringan, kendaraan pendukung, alat berat zeni, senjata, generator, peralatan kesehatan serta peralatan anti huru-hara. Sedangkan untuk self sustainment, antara lain meliputi pelayanan catering, komunikasi, perlengkapan kantor, pelayanan listrik, pemeliharaan bangunan, pelayanan laundry dan kebersihan compound.

Pelaksanaan ORI UNIFIL melibatkan 15 orang dari kalangan sipil dan militer mempunyai latar belakang spesialisasi bidang masing-masing dipimpin oleh Ketua Tim COE/ORI Sector East, Nikolay.

Kegiatan ORI diawali dengan pemeriksaan di area UNP 7-1 meliputi Markas Batalyon, Kompi “D” dan Kompi Bantuan, dilanjutkan ke Kompi “C” UNP 9-2 yang berada di Desa Az Ziqiyah.

Kedatangan Tim COE/ORI disambut langsung oleh Komandan Satgas Indobatt Letkol Inf Yudi Gumilar, S.Pd. didampingi Wadan Satgas Mayor Inf Moh. Tamami, Ketua Tim COE Indobatt Mayor Kal Adji Judhantoro beserta para Perwira Indobatt lainnya.

Selanjutnya, kegiatan ORI di laksanakan di Kompi “B” yang berada UNP 7-2 di Marjayoun dan Kompi “A” yang berada di El Adaisse UNP 9-63 serta UNP 9-15 di Kafarkilla.

Diakhir kegiatan pemeriksaan, Ketua Tim COE/ORI Nikolay menyampaikan rasa puas atas peningkatan baik dalam hal kesiapan operasi ataupun kesiapan kendaraan tempur dan kendaraan ringan sehingga membuat kendaraan-kendaraan tersebut dinyatakan serviceable (S). Selanjutnya kondisi lingkungan dan tempat tinggal untuk prajurit Indobatt lebih comfortable dibandingkan dengan hasil sebelumnya.

Komandan Satgas Indobatt Letkol Inf Yudi Gumilar, S.Pd. mengucapkan terima kasih berkat kerja keras dan kerjasama prajurit Indobatt dalam melaksanakan pemeliharaan kendaraan, senjata, sarana dan prasarana, kesiapan operasional Indobatt untuk melaksanakan misi perdamaian dapat dicapai optimal.