SD Juara Batam Dapatkan Penyuluhan Bahaya Demam Berdarah

Rumah Zakat bersama Cita Sehat Foundation mengadakan penyuluhan tentang Bahaya Nyamuk Demam Berdarah kepada siswa kelas I dan II SD Juara Batam. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengantisipasi terjangkitnya anak-anak dari wabah demam berdarah di musim hujan.

Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus dengue gigitan nyamuk  Aedes Aegypti, dengan ciri-ciri nyamuk berwarna hitam, memiliki bercak putih pada badan dan kaki, hidup dan berkembang biak di dalam rumah dan sekitarnya.

“Untuk menghindari endemi nyamuk demam berdarah di lingkungan kita, paling tidak kita harus melakukan 3M Plus, seperti menguras bak mandi, menutup tempat penampungan air, mengubur atau menyingkirkan benda-benda yang dapat digenangi air dan yang terakhir menghindari dari gigitan nyamuk, dengan cara pengasapan dan foging, serta pemberian abatisasi di genangan air sekitar rumah kita,” papar Nafickha Jeanete Amd. Keb, penyuluh Cita Sehat Foundation, Jumat (20/10).

Heru Saputra sebagai Program Head Officer Cita Sehat Foundation Kepulauan Riau  menyatakan bahwa kegiatan penyuluhan kesehatan tersebut merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan. Hal tersebut bertujuan sebagai bentuk upaya menyadarkan dan merubah perilaku masyarakat, khususnya anak-anak tingkat SD agar sesuai standar Pola Hidup Sehat dan Bersih (PHBS) yang digulirkan oleh pemerintah.

Selain memberikan penyuluhan kepada siswa SD Juara Batam, Cita Sehat Foundation juga memberikan tambahan makanan bergizi. Diharapkan, anak-anak bisa menjaga pola makan dan pola hidup yang sehat dengan menjaga kebersihan di lingkungan sekitarnya agar tidak terjangkit penyakit.