Soan Said Agil, Humphrey Djemat Minta PBNU Jadi Mediator Islah PPP

IMG_20180807_153902

Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang baru saja menggantikan Djan Faridz, Humphrey Djemat, menyambangi kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), di jl Kramat Raya Jakarta, Selasa (7/82018).

Kedatangan Humphrey bersama sejumlah kader partai berlambang kakbah tersebut untuk bertemu Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj. Humphrey ingin meminta PBNU bisa menjadi mediator bagi upaya islah PPP, antara pihaknya dengan PPP kubu Romahurmuziy atau Romy.

Kepada wartawan, usai pertemuan yang digelar tertutup itu, Said Aqil mengatakan langkah ini merupakan upaya mulia dan sangat agung, dalam menyatukan kembali dua kubu yang sempat berseteru.

“Kami menyambut baik keinginan Pak Humphrey bersama teman-temannya untuk ishlah PPP, semoga akan ada titik temunya,” harap Said Agil.

Said Aqil mengaku, jika pada saat konflik Sunni-Syiah di Irak puluhan tahun lalu PBNU bersama Kementerian Agama RI bisa menjadi mediator islah, seharusnya hal itu juga bisa terjadi dalam upaya islah dua kubu di internal PPP tersebut. “Sekarang masa saudara sendiri, tetangga sendiri, bahkan saudara serumpun, enggak bisa islah?” kata Said Aqil.

Dengan adanya kesamaan genealogis secara organisatif antara PBNU dan PPP, Said Aqil menilai upaya islah kedua kubu PPP ini merupakan bagian dari tanggung jawab PBNU.

“PPP ini yang mendirikan adalah kiai-kiai NU dulu, yaitu Mbah Bisri Syamsuri buyutnya Cak Imin, dan kakeknya Gus Dur dari ibu bersama ibundanya Gus Dur. Jadi pendiri PPP ini kakeknya Gus Dur dan ibunya Gus Dur,” kata Said Aqil.

Dia menambahkan, “Jadi saya sebagai yang masih dipercaya menjadi Ketum PBNU, merasa terpanggil untuk segera berupaya keras, serius, baik dan bermartabat, kalau PPP ini bisa kembali menuju cita-cita yang baik, positif dan memperjuangkan kebenaran.”

Pada kesempatan itu, Humphrey Djemat mengucapkan terima kasihnya lantaran maksud baiknya itu direspon baik oleh PBNU.

“Apa yang disampaikan PBNU, sudah sangat sesuai dengan apa yang kami inginkan,” ujarnya.