Tingginya Arus Mutasi di Daerah Jadi Kendala Pembinaan ASN Perkoperasian

Deputi Bidang Pengembangan SDM, Kemenkop dan UKM RI melaksanakan kegiatan Pelatihan Perkoperasian bagi aparatur daerah, di Makassar, Kamis (9/8/2018).

Tujuan dari pelatihan yang diikuti 60 ASN dari Kota/Kabupaten se Provinsi Sulsel itu ialah untuk meningkatkan pengetahuan ASN (Aparatur Sipil Negara) di bidang perkoperasian.

Sedang para fasilitator yang hadir merupakan Widyaiswara Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulsel, praktisi serta ASN pusat yang membidangi pengawasan koperasi.

Pembukaan kegiatan tersebut dihadiri Eko Heriyono, SH, MSi selaku perwakilan Deputi Bidang pengembangan SDM didampingi. H. Abdul Malik Faisal, SH, Adm, Pem selaku Kepala Dinas Koperasi dan UKM.

Eko mengatakan pelatihan tersebut merupakan salah satu bentuk kerjasama yang baik antara pemerintah pusat dan daerah.

“Tingginya arus mutasi di daerah merupakan salah satu kendala dalam pembinaan ASN khususnya yang membidangi perkoperasian,” ujar Eko.

Eko juga mengharapkan inisiatif ASN di daerah untuk membentuk komunitas yang didalamnya merupakan sarana kegiatan saling tukar menukar informasi berkaitan dengan kebijakan di bidang perkoperasian, sosialisasi Permen maupun perkembanganterkini dibidang perkoperasian.

“Kurangnya intensitas pelatihan perkoperasian bagi ASN merupakan salah satu kendala yang terjadi sekarang ini, perlu adanya pelatihan serupa yang dilaksanakan oleh pusat maupun daerah,” akunya.

Pada kesempatan ini hadir pula Djoko Purwo dari deputi bidang pengawasan, yang menyampaikan materi kebijakan di bidang pengawasan koperasi.