Wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi, STIH IBLAM Seminarkan Hasil Penelitian Hukum Mahasiswanya

IMG-20181105-WA0008

Sebagai upaya mewujudkan visi Kampus IBLAM, terbentuknya komunitas profesi hukum yang dapat menguji kebutuhan tenaga kerja profesional di institusi pemerintah dan swasta, para mahasiswanya aktif membuat penelitian-penelitian. Penelitian-penelitian itu antara lain berjudul: Perjanjian Kerja Waktu Tertentu dalam presfektif UU No 13 thn 2003 ttg ketenagakerjaan oleh Agus Rimawan, Naman.

Legalitas Ojeg Online terhadap UU LLAJ, oleh Vita Purnama, Han Han, Raparta Andryan, Andes Mas, Andry Dwi. Operasional Bank Syariah dengan Prinsip Hukum Syariah oleh Yandi Suhendra, Yuliarto, Waldi Ismail Johan, Asofi Maulana. Hak Ekonomi terkait Lagu yang Disadur melalui Konten digital oleh Adinda Putri Priscilia, Awi Nilasari, Suwito Januar, Samuel dan Gugun Gunadi. Masalah Wanprestasi, Perdagangan Manusia, BPJS dalam Cybercrime, Hak atas Kekayaan Intelektual dan lain-lain.

“Judul-judul tersebut merupakan hasil penelitian kerjasama antara dosen bersama mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Hukum IBLAM,” kata Dr (can) Marjan Miharja SH MH, dosen pembimbing penelitian, kepada wartawan di Jakarta, Senin (5/11/2018).

Hasil penelitian yang telah diseminarkan beberapa waktu lalu di Kampus IBLAM Jakarta tersebut, sebagai reviewer M Syaiful Anwar SH LLM dan Wiend Sakti Myharto SH LLM. Mahasiswa/i tsb dan ketua Koordinator Kelompok penelitian Untung Sudardoso ini mendapatkan dukungan dari Kaprodi STIH IBLAM Agnes SH LLM.

“Penelitian ini untuk membangun sinergi dengan lembaga-lembaga lain yang terkait dengan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta sebagai wujud Tridarma Perguruan Tinggi, Literasi dan menumbuhkan budaya akademik,” jelas Marjan Miharja.

Di tempat yang sama, Agnes menambahkan, sesuai misi STIH IBLAM, penelitian dilakukan juga untuk membangun jaringan alumni yang bersinergi dengan penegakan hukum yang dilakukan oleh pemerintah. “Kampus kami ingin mewujudkan kesadaran hukum masyarakat dan terwujudnya suasana ilmiah yang dimulai dari lingkungan kampus untuk ditularkan di lingkungan pekerjaan dimana ia berada,” ujarnya.

Hasil-hasil penelitian ini akan diterbitkan dalam bentuk Jurnal yang akan diedarkan baik di internal kampus maupun di luar kampus, agar STIH IBLAM juga ikut mengambil peranan dalam Tridarma Perguruan Tinggi dalam Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Wind sakti ketua LPPM STIH IBLAM.