Bagikan sekarang

Petani binaan Rumah Zakat menghasilkan 1,5 ton mentimun dari hasil lahan wakaf produktif, harga satu Kg mentimun sekitar Rp3.500-Rp4.000. Optimalisasi lahan wakaf produktif tersebut berada di Desa Palasari, Kecamatan Ciater, Kab. Subang.

Menurut Fasilitator Rumah Zakat,  Nana Hidayat, lahan yang ditanami mentimun tersebut sudah menghasilkan panen sebanyak lima kali. Panen pertama menghasilkan 350 Kg pada Desember 2019, dan terakhir menghasilkan 225 Kg pada Selasa, (7/1).

“Alhamdulillah kami bisa menghasilkan panen mentimun ini dengan hasil yang sangat memuaskan. Jadi masyarakat di sekitar tanah wakaf produktif ini bisa ikut merasakan manfaatnya,” kata Deni Setiadi, salah satu petani.

Hasil panen raya dari lahan wakaf tersebut juga akan digunakan untuk kegiatan sosial, dengan rincian 70% untuk pengelola, 20% untuk Bummas, dan 10% untuk pemberdayaan guru di  Rumah Quran. Dengan adanya lahan wakaf produktif diharapkan bisa memberdayakan warga sekitar dari hasil perkebunan.

“Lahan tanah wakaf produktif ini seluas 1.200 meter. Kami mempunyai target panen mentimun sebanyak 4 ton, sekarang kami baru mencapai 1,5 ton,” kata Hidayat.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *