Bagikan sekarang

Sebagai wujud kepedulian terhadap para pedagang dan masyarakat sekitar pasar, Pusat Koperasi Pasar (Puskoppas) DKI Jaya – Koppas Blok A menggelar acara bhakti sosial berupa pembagian sembako dan masker kepada para pedagang, kuli panggul, juru parkir, petugas kebersihan, petugas keamanan dan warga sekitar pasar Blok A, Jakarta Selatan. Ini program rutin Puskoppas DKI Jaya-Koppas Blok A yang kebetulan kali ini dilaksanakan bertepatan dengan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-73, 12 Juli 2020.

“Ini bentuk kepedulian Puskoppas DKI Jaya kepada para pedagang dan masyarakat sekitar yang terdampak Covid-19,” kata Ketua Puskoppas DKI Jaya H Gusnal kepada wartawan di Pasar Blok A, Minggu (12/7/2020).

Ini, imbuhnya, merupakan program rutin yang dilakukan Puskoppas DKI Jaya selama adanya pandemi covid-19. Pihaknya akan berkeliling ke pasar-pasar di DKI Jakarta untuk memberikan sekedar bantuan kepada masyarakat yang mengalami kesulitan.

“Hari ini yang bertepatan dengan Harkopnas, kami berharap koperasi lebih maju lagi dan lebih baik untuk nembawa kemajuan bagi ekonomian kerakatan,” harap Gusnal.

Sementara ketua Koppas Blok A Ngadiran mengatakan, dalam kegiatan Bakti Sosial ini pihaknya sudah mendata para pedagang, petugas parkir, petugas kebersihan, keamanan dan masyarakat sekitar pasar Jaya Blok A.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Puskoppas DKI Jaya atas kepeduliannya kepada pedagang dan masyarakat sekitar pasar Blok A yang terdampak covid-19,” ungkap Ngadiran.

Ia menambahkan, para pedagang mengalami kesedihan pasca penampungannya kebakaran 5 tahun lalu, ditambah lagi terdampak covid-19 akhir-akhir ini. Karenanya ia berharap Pemda setempat dan pemerintah pusat untuk segera membangun pasar Blok A.

“Kami mohon segera dibangun pasar Blok A, jangan sampai tertunda-tunda lagi, karena pedagang dan masyarakat sudah tidak sabar lagi menikmati pasar yang nyaman,” paparnya.

Kegiatan seperti inilah yang merupakan acara yang digelar dalam rangka memperingati Harkopnas. Sebagai gerakan koperasi riil, Puskoppas mengajak para primer-primer berbagi dan peduli terhadap kawan-kawan pedagang.

Sebelumnya Ketua panitia penyelenggara Wahyuni mengatakan, dalam rangka pandemi covid-19 ini, Puskoppas DKI Jaya juga sudah menyelenggarakan pengobatan gratis dari pasar ke pasar yang bekerjasama dengan Pasar Jaya dan Hilal Care Indonesia. Pengobatan gratis ini diperuntukkan untuk para pedagang, pengunjung dan masyarakat sekitar.

“Mereka yang berobat tidak perlu membayar sepeserpun, tak perlu menunjukkan KTP, siapapun boleh berobat. Inilah wujud kepedulian Puskoppas DKI Jaya,” paparnya.

Bhaksos ini digelar kata Yuni, karena ada pandemi covid-19, maka tidak boleh berkerumun dan kegiatannya dialihkan bakti sosial pembagian sembako.

Hadir juga pada kesempatan itu Esti Arimi Putri dari Fraksi Partai Gerindra DPRD DKI Jakarta. Menurutnya, Koperasi sebagai landasan ekonomi masyarakat. Pentingnya koperasi sebagai tulang punggung ekonomi.

“Ini adalah program yang nyata dan mulia untuk saling bahu membahu membantu masyarakat terdampak covid-19. Roda perekonomian itu bermula dari pasar, karenanya pasar harus diperhatikan kenyamanannya,” papar Esti Arimi Putri, anggota Komisi C DPRD DKI Jakarta.

Dalam masa covid-19 selama 3 bulan ini, imbuhnya, roda ekonomi masyarakat memang macet. Pasar inilah yang merupakan perutnya perekonomian rakyat, dan otomatis akan meningkatkan PAD pemerintah daerah.

“Pemprof DKI mendukung koperasi pasar sebagai salah satu penggerak ekonomi masyarakat dan peningkatan PAD. Kita sudah agendakan pasar Blok A ini menjadi Pasar modern seperti Mayestik,” jelas Esti Arimi.

Acara tersebut juga dihadiri Lurah Pulo beserta jajarannya.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *